Lagi Aktif Menyusui, Ibu Boleh Ikut Vaksin atau Tidak?


Image Source: BBC


Di masa pandemi dengan tingkat penularan yang tinggi seperti saat ini, tentunya semua lapisan masyarakat saling berusaha menjaga satu sama lain, baik dengan meningkatkan imunitas, hingga memperbaiki gaya hidup lebih sehat.


Vaksinasi menjadi salah satu cara yang ampuh untuk menekan tingkat penyebaran virus. Namun, apakah vaksin dapat dilakukan oleh ibu menyusui? Apakah efek samping dari vaksin yang dilakukan, dan apakah ada dampak yang signifikan pada nutrisi ASI? Ini fakta yang harus Moms ketahui mengenai vaksin untuk ibu menyusui!



Image Source: Kompas


Dilansir dari Alodokter dan berdasarkan himbauan dari Center of Disease Control & Prevention atau CDC, vaksin Covid-19 boleh diberikan pada ibu menyusui. Beberapa penelitian menemukan bahwa air susu yang mengandung antibodi terhadap virus Covid-19 dapat membantu melindungi bayi bila suatu saat bayi terinfeksi virus Covid-19.


Vaksin yang saat ini termasuk dalam program pemerintah seperti Sinovac, Moderna dan Astrazaneca memang memberikan efek samping ringan seperti nyeri di bagian penyuntikan, demam ringan, kelelahan, nyeri kepala, mual hingga nyeri sendi.


Namun tidak perlu khawatir ya Moms, gejala ringan tersebut bisa berlangsung dalam 2-3 hari setelah penyuntikan vaksin. Bila gejala ringan tersebut berlangsung lebih dari 3 hari dan mengganggu Moms dalam beraktivitas, segera konsultasi pada dokter untuk mendapatkan obat-obatan pereda gejala yang aman untuk ibu menyusui.


Be healthy, ya Mutter Moms! #Mutter #MutterMoms #BreastfeedingIsFun #MutterGakBikinSakit




Referensi: 2021, Alodokter


1 view0 comments