Sempat Keguguran, Perlukah Moms Melakukan Tes NIPT Seperti Aurel Hermansyah?


Image Source: tempo.co


Seperti yang Moms tahu, pasangan populer Aurel Hermansyah dan Atta Halilintar sempat mengumumkan keguguran setelah mengabarkan kabar bahagia kepada publik. Namun, Aurel mendapatkan kembali kegembiraan dan mengungkapkan bahwa dirinya menjalani tes NIPT untuk mengetahui adanya kelainan janin.


Tahukah Moms mengenai NIPT? Simak penjelasan Mutter di bawah ini!



Image Source: Geneton


Tes NIPT atau Non-Invasive Prenatal Test memang langkah yang cukup asing untuk dilewati oleh para ibu hamil. Meskipun begitu, penggunaannya cukup populer dan memiliki banyak manfaat. Dilansir dari Popmama, tes ini merupakan tindakan medis yang dilakukan guna mengecek potensi kelainan genetik yang lebih akurat pada janis, apakah ada abnormalitas pada kromosom janin yang berkembang pada perut ibu atau tidak.


Dalam kasus Aurel yang telah melalui keguguran sebelumnya, NIPT dipilih untuk mengetahui kondisi janin sejak trimester pertama serta mengetahui lebih detail cara menjaga dan melindungi janin lebih dini.


Prosedur NIPT tidaklah sulit dan memiliki akurasi 93-97%. Moms akan menjalani pengambilan darah dan dianalisa lebih banyak oleh dokter di laboratorium. Dengan menguji sampel darah, DNA bayi yang berjumlah 5-15% pada darah ibu akan menjadi materi utama dalam mengetahui apakah jumlah kromosomnya normal. Manusia memiliki 23 pasang kromosom. Jika dari sampel DNA tersebut ditemukan kekurangan atau kelebihan satu saja, maka akan berdampak besar pada kehidupan janin setelah lahir.


Sebenarnya, tidak semua ibu perlu melakukan NIPT. Jika Moms tidak memiliki riwayat masalah tertentu terkait kondisi janin dan kandungan, maka NIPT tidak menjadi keharusan. Jangan lupa mengkonsultasikan kembali NIPT pada dokter ahli dan dokter kandungan ya, Moms!


#Mutter #MutterMoms #BreastfeedingIsFun #MutterGakBikinSakit




Referensi: 2021, PopMama


2 views0 comments

Recent Posts

See All