Tangani Rasa Kebas selama Hamil




Apakah Moms mengalami kebas di lengan, perut, hingga bagian tubuh lainnya selama hamil?


Faktanya, kebas saat hamil merupakan hal yang normal loh Moms. Menurut penelitian, sebanyak seperempatd ari semua calon ibu mengalami kebas di bagian tungkai dan paling sering terjadi di trimester ketiga.


Sensasi kebas atau kesemutan selama kehamilan pada dasarnya adalah hilangnya sensasi atau sensasi 'pin and needles' di tangan, lengan, paha, kaki, dan bagian tubuh lainnya.


Ketika memasuki trimester kedua dan ketiga kehamilannya, pembengkakan di tangan dan kaki terjadi karena retensi air. Pembengkakan ini dapat berkontribusi pada perasaan kebas pada kehamilan.


Untuk lebih tau cara mengatasinya, Mutter merangkumnya dalam ulasan di bawah ini:


Kebas di Lidah


Kebas di lidah bisa disebabkan oleh berbagai hal, salah satunya kompresi tulang belakang atau reaksi alergi. Buatlah buku catatan untuk mencatat makanan yang Moms konsumsi dan membuat lidah kebas. Untuk mengurangi rasa kebasnya, hindari makan makanan yang tinggi sodium. Makanan kaya sodium dapat meningkatkan tekanan darah dan menyebabkan retensi air dalam tubuh. Ini dapat menyebabkan kebas saat hamil.


Kebas di Jari dan Tangan


Saat hamil, terdapat tekanan pada persendian dan saraf yang menyebabkan kebas di tangan dan jari. Kadang juga bisa jadi awal dari sindrom carpal tunnel. Pastikan Moms tidak menggunakan tangan dalam menopang kepala saat tidur. Karena ini bisa memotong suplai darah ke seluruh lengan.


Kebas di Kaki


Kebas di kaki menjadi hal yang paling umum selama kehamilan. Hal ini disebabkan oleh pantat Moms menopang semua beban saat berdiri dan duduk. Aliran darah di arteri jadi terbatasi sehingga menyebabkan kesemutan dan kebas.


Meskipun mengalami kebas saat hamil adalah normal, timbulnya kebas atau kesemutan yang tiba-tiba bisa menjadi indikator sesuatu yang serius. Serangan mendadak adalah gejala cedera atau penyumbatan dan memerlukan pemeriksaan medis segera. Konsultasikan dengan dokter jika Moms memutuskan untuk menggunakan obat atau krim alternatif apa pun untuk meredakan kebas saat hamil.

6 views0 comments