Ini dia 3 Cara Mengobati Puting Lecet Saat Menyusui!




Puting lecet merupakan masalah Moms yang sering terjadi saat menyusui. Tidak hanya terasa nyeri, tetapi ASI juga sering kali bercampur darah. Sehingga, masalah ini tidak boleh dianggap sepele karena dapat menghambat produksi ASI karena Moms merasa tidak nyaman.


Saat lecet, puting akan memerah dan terasa gatal karena terdapat jamur yang berkembang biak. Jamur tersebut tidak hanya berkembang di puting, tetapi juga di tempat hangat di tubuh manusia seperti vagina, area popok, bra hingga mulut.


Untuk mengatasinya, simak beberapa tips dari Mutter di bawah ini:


  • Menggunakan ASI untuk Mengobati Puting Lecet


ASI mengandung anti bakteri yang bisa mengobati puting lecet, hingga mengurangi rasa sakit yang bisa membuat lecet menjadi lebih kering.


  • Kompres Hangat


Gunakan handuk yang dicelup ke air hangat untuk meredakan rasa sakit di puting lecet. Selain itu, kompres juga saat membersihkan area puting dengan berendam di air hangat.


  • Gunakan Pelembap Alami


Pelembap alami seperti minyak zaitun, minyak kelapa dan minyak almond bisa jadi pilihan Moms guna meredakan kering pada puting. Kandungan pada pelembap tersebut dapat mengobati puting lecet lebih cepat.


Puting lecet seringkali terjadi ketika Moms menggunakan breastpump dengan corong yang terlalu kecil atau mode stimulasi yang terlalu keras. Tapi, Moms tidak perlu khawatir jika menggunakan breastpump dari Mutter!




Hisapannya sama persis seperti mimik mulut bayi serta mode stimulasi yang dapat disesuaikan, akan membantu Moms saat pumping ASI tanpa rasa sakit. Miliki sekarang, Moms!


1 view0 comments