Suka Cubit Hidung Si Kecil? Bahaya!



Bukannya mancung, malah menyebabkan banyak resiko untuk bayi loh.


Beberapa orangtua mungkin mengharapkan bayinya lahir dengan hidung mancung. Sehingga mereka melakukan beberapa cara untuk membuatnya mancung, misalnya dengan mencubit hidung.


Namun tahukah Mama kalau mencubit hidung belum tentu efektif untuk membuat hidung si Kecil menjadi mancung? Mencubit hidungnya dan berharap hidungnya mancung tidak terbukti secara ilmiah dapat membuat hidung bayi menjadi mancung, terlalu sering mencubit hidung bayi tidak dianjurkan, Moms. Karena dapat menyebabkan cedera dan mengganggu fungsi indra penciumannya.


Perbedaan posisi dari tulang hidung bayi benar-benar tergantung pada faktor genetik.Jika dipaksakan dan terus dilakukan, terdapat gangguan pernapasan yang mungkin dialami bayi:


- kesulitan untuk bernapas,

- nyeri, bengkak, hingga memar di area hidung,

- hidung mengalami mati rasa atau kebas,

- hidung tampak tidak proporsional.


Ada pun beberapa cara alami yang membuat hidung si kecil supaya lebih mancung:

  • Membuat Bayi Sering Tersenyum

Sebagian ibu mencoba cara memancungkan hidung bayi secara alami yakni membuat bayi banyak tersenyum. Apabila bayi tersenyum ataupun tertawa, ini akan menarik otot dan saraf di area wajah yang membuat hidung lebih tertarik.


  • Memijat Pelan

Cara memancungkan hidung bayi selanjutnya yakni dengan gerakan memijat di area hidung. Memijat hidung mungkin merupakan bagian dari tradisi pijat bayi baru lahir di keluarga Moms. Gunakan minyak esensial untuk membuat bayi lebih rileks. Tahap ini bisa dilakukan Moms saat bayi tengah flu juga.


  • Hindari Tengkurapkan Tubuh Bayi

Hindari tengurapkan bayi, karena ini akan menekan batang dan otot hidung. Sehingga akan berisiko membuat tulang lunaknya tidak terbentuk dengan sempurna. Termasuk saat Moms menarik hidungnya terlalu keras. Jadi, sebaiknya biarkan hidung Si Kecil berkembang secara alami.


Semoga informasi ini bisa membantu moms menolak tamu atau keluarga yang kerap mencubit hidungnya ya!

3 views0 comments