Bayi Sering Kembung? Ini dia Penyebabnya




Bayi pasti pernah mengalami kembung yang mana hal tersebut adalah hal yang wajar. Tetapi, tiap bayi punya kadar kembungnya masing-masing. Sebagian bayi tampak tidak terganggu karenanya, sementara yang lain tampak menderita setiap habis makan, menggeliat dan menangis dengan perut yang dipenuhi gas. Ada pun bayi yang mengalami kembung cukup sering. Tubuhnya yang kecil bisa penuh dengan gas setara orang dewasa. Ternyata ada hal-hal yang tidak disadari orangtua yang berkontribusi dalam membuat bayi jadi lebih mudah kembung. Ini dia penyebabnya:


Kurang bersendawa

Gas yang dihasilkan dari proses pencernaan bayi perlu dilakukan lewat bersendawa. Penelitian merekomendasikan Moms mendorong bayi untuk bersendawa setelah minum sekitar 2-3 ons susu formula.


Bayi Tidak Mencerna Makanannya dengan Baik

Jika si kecil sering menghasilkan gas, ada kemungkinan makanan yang Moms makan dan mengalir melalui ASI tidak dapat dicerna oleh pencernaan bayi. Jika si kecil minum susu formula, bisa jadi bayi tidak cocok dengan kandungannya.


Terlalu Banyak Porsi Makan dalam Satu Waktu

Bayi Moms makan dalam volume yang cukup banyak. Semakin banyak makanan di perut, semakin besar juga jumlah gas yang sulit untuk dibuang. Pastikan Moms memberi makan bayi dalam jumlah sedikit tapi sering untuk membantu mengurangi produksi gas.


Bayi Mengalami Kolik

Kolik sering terjadi pada bayi berusia 4 bulan. Si kecil mungkin menghirup lebih banyak udara saat menangis, sehingga menyebabkan peningkatan jumlah gas.

1 view0 comments