Hindari 4 Makanan Ini Paska Operasi Caesar!



Persalinan yang direncanakan normal bisa berubah menjadi persalinan caesar karena banyak faktor yang mempengaruhi. Mulai keringnya air ketuban, si kecil yang tidak bisa keluar dengan mudah, sampai kondisi kesehatan ibunya. Jika persalinan caesar tidak dibarengi dengan perawatan yang ekstra paska melahirkan, tentunya dapat menyebabkan komplikasi yang tidak terduga. Pastikan Moms memperhatikan jenis makanan paska operasi untuk mempercepat pemulihan.


Agar bisa segera pulih, tubuh harus membutuhkan istirahat yang cukup serta diet yang terkontrol. Selain itu, Moms juga perlu menghindari makanan yang lama untuk dicerna dalam tubuh dan jenis makanan yang dapat meningkatkan kelelahan. Apa saja makanan tersebut?


  • Makanan Pedas

Makanan pedas perlu dihindari karena dapat menyebabkan masalah lambung seperti perut kembung dan gas yang akan memicu konstraksi. Moms juga dapat merasakan sensasi tidak nyaman bahkan diare. Hal tersebut tidak disarankan karena dapat memperlambat proses pemulihan luka jahitan.


  • Minuman Berkafein

Minuman berkafein, berkarbonasi dan jus jeruk juga tidak boleh dikonsumsi setelah Moms melakukan operasi caesar karena dapat menyebabkan kembung dan gas. Kondisi itu pun bisa menyebabkan perut Moms menjadi tidak nyaman.


  • Minuman Beralkohol

Minuman beralkohol juga harus dihindari setelah operasi caesar karena dapat mengganggu kemampuan Moms untuk menyusui, dan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan, serta pola tidur bayi yang disusui ASI.


  • Makanan Mentah

Makanan yang dilarang setelah operasi caesar lainnya adalah potongan daging dingin, daging mentah, dan sayuran mentah. Hal ini karena daging mentah, seperti ikan yang dijadikan sashimi bisa saja memiliki kandungan merkuri yang tinggi dan berbahaya bagi bayi.


3 views0 comments