Susah BAB Saat Hamil? Atasi dengan Ini!




Siapa sering sembelit ketika hamil?


Jika Moms salah satunya, maka Moms harus lebih berhati-hati. Meski susah BAB pada ibu hamil umumnya tidak jauh berbeda dengan mengobati sembelit pada orang kebanyakan, namun Moms harus memperhatikan kesehatan janin di dalam kandungan.


Ibu hamil bisa mengalami sembelit karena perubahan hormon di awal kehamilan. Perubahan hormon ini bisa saja meningkatkan jumlah air sehingga membuat tinja lebih padat. Vitamin atau suplemen zat besi juga bisa membuat Moms sembelit.


Salah satu penyebab yang paling umum adalah adanya tekanan dari rahim. Pada kehamilan rahim yang tumbuh dapat menekan usus, membuatnya lebih sulit untuk memindahkan tinja melalui usus.


Moms bisa mengatasi BAB dengan cara yang aman dan efektif di rumah dengan beberapa langkah berikut:


  • Minum Cukup Air

Air menjadi sumber energi untuk Moms agar selalu terhidrasi. Minumlah 10-12 gelas cairan setiap hari agar feses tetap lunak. Jika Moms merasa kurang cukup, Moms bisa menambahkan asupan lain seperti buah berserat, sup kuah bening, sayuran hingga teh hijau.


  • Suplemen Serat

Seperti yang kita tahu, buah-buahan, sayuran, dan biji-bijian dapat meningkatkan jumlah feses dan memperlancar perjalanannya melalui usus. Moms juga bisa mengonsumsi suplemen serat yang memiliki efek pencahar sehingga dapat membantu mengatasi keluhan Moms saat hamil.


  • Olahraga Secara Rutin

Berjalan, berenang, dan olahraga ringan lainnya akan membantu kerja usus dengan menstimulasi usus Moms. Jadwalkan latihan tiga kali seminggu selama 20-30 menit setiap sesinya.


  • Mengonsumsi probiotik

Probiotik dapat membantu mendorong pergerakan usus normal dan teratur. Yogurt bisa jadi salah satu pilihan untuk merangsang bakteri usus dan memecah makanan dengan lebih baik, Moms.



1 view0 comments