Serba-serbi Jerawat di Sekitar Payudara: Milk Blister




Bagi ibu menyusui, pasti sudah cukup familiar dengan milk blister atau yang dikenal sebagai blebs susu atau jerawat payudara. Bintik-bintik putih kecil sekitar payudara yang terlihat seperti lepuh berisi susu ini biasanya hadir karena pori-pori puting yang tersumbat. Milk blister sendiri termasuk ke dalam kategori radang ringan loh.


Penyebabnya sederhana loh Moms, karena susu dalam saluran susu yang tertutupi oleh epidermis sehingga memicu respon peradangan. ASI yang mandek di salurannya juga bisa jadi salah satu penyebabnya. Meski berukuran kecil, Milk Blister bisa menyebabkan rasa sakit dan nyeri seperti tertusuk jarum saat si kecil menyusu langsung dari puting ibu. Karena jika sering lecet tergesek, milk blister seperti sariawan yang dapat memburuk dan menyebabkan ASI tidak keluar dengan lancar.


Gimana cara mencegah milk blister? Sama-sama cari tahu bersama Mutter yuk, Moms!


  • Gendong Bayi dalam Posisi yang Benar

Cobalah menggendong bayi di samping tubuh atau di depan tubuh untuk meminimalkan tekanan. Hal ini dapat meminimalisir gesekan dan merupakan pencegahan muncul milk blister loh.


  • Bersihkan Puting setelah Menyusui

Pastikan puting selalu dalam keadaan bersih. Lap puting dengan kain lembap untuk menghilangkan ASI yang tersisa dari payudara dan mencegah pori-pori tersumbat.


  • Tetap Terhidrasi

Minumlah setidaknya 8 gelas air sehari untuk mendorong aliran ASI dengan lancar dan mencegah dehidrasi.


  • Gunakan Bra yang Nyaman

Bra yang ketat atau terbuat dari bahan sintetis, dapat mengiritasi puting dan berkontribusi pada pembentukan milk blister.


Moms bisa gunakan Maternity Nursing Seamless Bra dari Mutter! Terbuat dari bahan lembut tanpa pinggiran, sehingga membuat tubuh Mom nyaman saat beraktivitas sehari-hari.




Dengan bahan nylon dan spandex, kelenturan dan kelembutannya memberi anda keleluasaan memakainya sejak masa kehamilan hingga masa menyusui. Tali bra yang dapat disesuaikan sesuai dengan kondisi tubuh anda menjadikan bra ini sangat nyaman dan tidak menyiksa saat dipakai!



11 views0 comments