Punya Puting Payudara Inverted? Masih bisa menyusui kok, Moms!




Puting payudara masuk ke dalam atau inverted nipple adalah masalah yang cukup umum dialami oleh ibu menyusui. Hal ini normal, namun sebagian ibu menyusui menjadikan hal ini sebagai masalah dan kekhawatiran tersendiri karena takut tidak bisa menyusui bayi.


Guna mengetahui fakta mengenai puting rata ini, Mutter telah merangkum beberapa fakta agar Moms tidak lagi cemas!


Apa itu Inverted Nipple dan Penyebabnya?


Inverted nipple atau puting payudara yang rata masuk ke dalam merupakan kondisi puting yang terlihat seperti ditarik masuk ke dalam. Biasanya, hal ini dipengaruhi oleh hormon, sambungan jaringan ligamen dan kulit di bawah puting serta bawaan lahir.


Tidak hanya hal-hal diatas, inverted nipple juga bisa disebabkan hal-hal berikut:


  • Infeksi yang disebabkan bakteri atau jamur

  • Cedera di area puting

  • Kulit yang kering sekitar areola puting

  • Penyakit pertumbuhan tulang

  • Saluran susu yang pendek



Bagaimana Gejala dari Kondisi Inverted Nipple?


Ada banyak perubahan yang terjadi ketika Moms mengalami kondisi tersebut, seperti nyeri payudara, perubahan suhu dan bengkak. Tidak hanya itu, Moms juga bisa merasakan benjolan pada payudara ketika puting terasa tertarik ke dalam.


Jika Moms memberikan rangsangan pada puting, kemerahan, nyeri dan ruam bisa memperburuk puting yang rata. Jadi, lebih hati-hati saat merangsang puting ya, Moms!




Apakah Tetap Bisa Menyusui Bayi dengan Kondisi Inverted Nipple?


Tentu bisa, Moms! Buang jauh-jauh rasa cemas tersebut ya Moms! Meskipun puting rata, air susu bisa tetap mengalir. Saluran ASI tetap berfungsi dengan baik dan bayi bisa tetap menyusui secara langsung jika isapannya kuat. Moms juga bisa menggunakan nipple sillicone sebagai penyambung puting dan mulut bayi.





Untuk ASIP, Moms bisa menggunakan Mutter Digital Breastpump Krystal Series! Mutter Krystal memiliki 5 mode pompa yang bisa disesuaikan dengan kondisi Moms, salah satunya adalah dual frequency yang dapat digunakan oleh Moms dengan puting datar. Mutter Krystal akan memberikan pengalaman menyusui yang menyenangkan dan nyaman bagi payudara Moms! So, no more worries and happy pumping, Moms!



Referensi: 2019, Popmama


1 view0 comments