Menyusui Bayi Kembar? Ikuti Tips & Tricknya!




Apakah Moms merupakan salah satu dari sekian banyak bumil yang diberkahi dua anak alias dua kembar sekaligus? Jika ya, langkah dan persiapan dasar untuk menyusui haruslah Moms siapkan sehingga keduanya mendapatkan pasokan ASI yang cukup serta kasih sayang yang setara.


Meskipun kembar, setiap bayi Moms nantinya akan memiliki jadwal dan kemampuan menyusui yang berbeda. Dengan kondisinya yang lahir prematur, tentu bayi kembar akan membutuhkan bantuan supaya dapat mengejar berat badan yang sehat dan ideal.


Mutter telah merangkum tips menyusui yang bisa Mom lakukan!


Mulai Menyusui Segera Setelah Melahirkan


Kekhawatiran untuk menyusui bayi kembar adalah pasokan susu. Sehingga, Moms perlu langsung memberikan ASI setelah mereka lahir tiap kali menunjukkan tanda lapar guna menstimulasi ASI lebih melimpah.


Jika bayi masih harus diinkubasi, pompa ASI dan buat stok agar bayi dapat tetap mendapat seluruh nutrisi yang dibutuhkan.


Lakukan Tandem Dari Kecil


Menyusui tandem berarti menyusui bayi secara bersamaan pada setiap PD. Bagi sebagian besar Moms pasti akan kesulitan, maka mintalah bantuan orang lain untuk memposisikan bayi.


Jangan lupa gunakan bantal yang lembut dan nyaman untuk bantu memangku si kecil di dekapan Moms.


Beri Waktu Adaptasi


Gaya dan kebutuhan menyusui masing-masing bayi mungkin sangat berbeda. Kenali kebutuhan setiap bayi dengan tetap rileks dan fleksibel. Misalnya, Moms menghabiskan sekitar 10 menit menyusui langsung, maka atur waktu untuk Moms beristirahat dan kembali memberikan ASI pada bayi satunya.


Dan jika Moms ingin benar-benar memberikan ASI eksklusif pada kedua bayi, dapatkan semua bantuan dari anggota keluarga lain atau sewa konsultan laktasi agar Moms mendapatkan dukungan dari ahli. Hal ini akan mempermudah Moms melalui perjalanan menyusui dengan baik.


Pompa Lebih Banyak ASI


Jika Moms masih memiliki lebih banyak susu setelah menyusui, memompa adalah ide yang bagus untuk mengeluarkan semuanya. Dengan begitu, payudara Moms akan kosong dan segera penuh lagi.


Salah satu kondisi yang harus diwaspadai adalah mastitis atau kondisi infeksi jaringan payudara yang menyebabkan kemerahan dan rasa sakit. Biasanya, mastitis juga terjadi karena Moms melakukan pumping dengan terlalu kencang.





Gunakan Mutter Digital Breastpump yang memiliki 5 Mode pumping pilihan serta menyedot dengan teknologi hospital grade yang tidak membuat sakit sama sekali. Mutter menstimulasi payudara seperti halnya hisapan bayi, sehingga cocok untuk Moms yang harus melakukan pumping dalam waktu yang repetitif.


Miliki Mutter dengan belanja di Marketplace Tokopedia, Shopee hingga Blibli Mutter Indonesia!



0 views0 comments