Manfaat Susu Kedelai untuk Ibu Hamil




Susu merupakan nutrisi yang penting bagi ibu hamil, karena dapat memenuhi kebutuhan zat gizi untuk janin selama kehamilan. Namun, laktosa dalam susu hewani seringkali tidak bisa dikonsumsi oleh ibu hamil dengan toleransi yang rendah. Saat ini, cukup banyak pilihan susu nabati seperti susu kedelai dan susu almond.


Jika Moms salah satu dari ibu hamil dengan toleransi laktosa rendah, wajib tahu tentang manfaat susu kedelai di bawah ini!


  • Menambah Energi

Ibu hamil cukup rentan untuk merasa lelah karena hormon yang berubah-ubah saat hamil. Sehingga, susu kedelai bisa jadi salah satu sumber energi karbohidrat kompleks yang sehat bagi ibu hamil dan janin.


  • Memenuhi Kebutuhan Vitamin D dan Kalsium

Mungkin ada sebagian dari Moms yang sensitif terhadap sinar matahari. Susu kedelai bisa jadi alternatif untuk memenuhi kebutuhan Vitamin D dan kalsium harian yang juga membantu pembentukan tulang dan gigi pada bayi.


  • Sumber Protein Yang Baik

Protein pada biji kedelai bisa menjadi pengganti protein daging, bahkan dengan kalori dan lemak jenuh yang lebih sedikit. Protein berkualitas tinggi dapat mendorong pembentukan jaringan organ yang mendukung janin.


  • Mengurangi Resiko Anemia

Anemia menjadi salah satu penyakit yang kerap dirasakan ibu hamil karena kekurangan zat besi dan dapat menimbulkan efek samping seperti kelahiran prematur atau bayi lahir dengan berat badan rendah. Untuk itu, zat besi dari kedelai diperlukan untuk membentuk sel darah merah yang nantinya akan memberikan pasokan oksigen untuk bayi.


Susu kedelai terbukti mengandung kebaikan di dalamnya. Namun perlu diingat, biji kedelai juga dapat memicu reaksi alergi sehingga konsultasikan pada dokter kandungan ya, Moms. Happy tummy!


1 view0 comments