Manfaat Pijat untuk Bayi Prematur: Menurunkan Stres dan Perbaiki Pertumbuhan!




Dear Moms, pernah dengar kalau bayi prematur punya tumbuh kembang yang cukup lambat dari bayi normal? Jika iya, jawabannya adalah benar. Tubuhnya yang rentan dan cenderung memiliki bobot badan yang kecil saat lahir tentunya butuh adaptasi lebih besar dan lama. Maka dari itu, kondisinya bisa didukung dengan pijat bayi.


Pijat bayi prematur tentunya berbeda dengan bayi normal biasanya karena tubuhnya yang lebih spesifik. Karena kondisi tersebut, baiknya Moms melakukan konsultasi dengan dokter spesialis anak sebelum memutuskan untuk pijat. Jika kondisi bayi relatif stabil dan pemijat sudah menguasai tekniknya, akan menjadi berguna bagi pertumbuhannya.


Pijat bayi untuk bayi prematur sendiri akan membantu tubuhnya menjadi lebih rileks. Berbagai manfaat lainnya seperti meningkatkan berat badan juga bisa terjadi loh, Moms. Ketahui lebih banyak tentang manfaatnya, yuk!


  • Meningkatkan Fungsi Pencernaan

Karena organ tubuhnya yang belum matang sempurna, resiko penyakit dalam pencernaannya pastilah lebih besar. Tak heran pula jika bayi prematur memiliki berat yang kurang. Pijat bayi akan mengaktifkan saraf sensorik yang juga mendorong kemampuan lambung kecilnya.


  • Meningkatkan Berat Badan

Dengan organ yang belum sempurna, nutrisi yang didapatkan juga tidak terserap dengan maksimal. Untuk itu, pijat bayi akan memudahkan dan mengatasi persoalan nutrisi yang lebih terserap dengan baik.


  • Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Saraf sensorik dan reseptor tekanan yang aktif di tubuhnya juga akan mereduksi tingkat stres yang ada dalam tubuhnya. Hal ini akan membuat si kecil lebih mudah terangsang oleh bonding orang tuanya dan menerima kondisi di sekitarnya tanpa lelah berlebihan.


  • Menguatkan Tulang

Biasanya, bayi prematur cukup ringkih karena struktur tulang yang masih lemah. Nah, pijat bayi dengan teknik yang benar dapat membantu memperkuat tulang sehingga pertumbuhannya menjadi lebih sempurna.


0 views0 comments