Jangan Stres Karena Anak Hiperaktif!




Punya anak dengan karakteristik hiperaktif memang perlu ekstra sabar, pengertian dan ekstra energi untuk mengerti tingkahnya. Sebisa mungkin, orang tua perlu belajar mengelola perilaku anak. Yuk coba cara sederhana untuk mengatasinya!


  • Hindari Membentak

Bentakan dan hukuman akan membuatnya semakin liar. Untuk itu, berikan perhatian lebih agar perasaannya tidak destruktif oleh orang tua yang terlalu keras.


  • Kurangi Distraksi

Berikan anak safe space disekitarnya atau waktu yang lebih banyak untuk dirinya sendiri apabila sedang mengerjakan sesuatu. Distraksi tersebut bisa berupa suara orang tua yang cekcok, alat-alat yang kurang penting tersebar di sekitarnya, hingga suara musik yang terlalu kencang.


  • Buat Peraturan yang Jelas

Dengan adanya aturan, Moms bisa mengajari si kecil untuk lebih telaten dan patuh. Hal ini bisa dimulai dari merapikan mainan setelah si anak main. Juga berikan apresiasi apabila si kecil menurutinya.


  • Terapkan pola hidup yang teratur

Aktivitas yang terstruktur akan membuat si kecil lebih mudah menyalurkan energi. Pola hidup teratur bisa dimulai dari jam tidur yang cukup hingga memberikan jadwal pasti untuk makan si kecil.


  • Hindari Makanan Olahan atau junkfood

Pastikan si kecil memenuhi asupan 4 sehat 5 sempurna yang sesuai, dari mulai protein, lemak, karbohidrat dan vitamin. Hal ini penting untuk menunjang kegiatan fisiknya yang hiperaktif. Berikan juga kegiatan fisik yang bisa menyalurkan energinya seperti olahraga di rumah.


1 view0 comments