Ajari Si Kecil Potty Training saat Traveling yuk!






Saat usia si kecil sudah beranjak dewasa dan menjelang batita, Moms dan Dads sudah bisa mulai mengajari si kecil melakukan potty training atau buang air secara mandiri. Namun apa jadinya jika moms dan dads membawa si kecil traveling? Pasti terbayang heboh dan berantakannya ya..


Nah, Mutter akan memberikan tips and tricks agar balita tetap dapat menjalankan potty training sambil traveling. Yang paling penting adalah Moms dan Dads sudah menyiapkan dengan matang. Ini dia caranya:


  • Mulai Potty Training Sejak Jauh Hari

Menurut Celine Brewer, potty training sendiri sudah harus dimulai paling lambat sebulan sebelum rencana traveling. Hal ini dilakukan agar si kecil lebih terbiasa dan kecelakaan seperti kaget atau menemui situasi baru dalam perjalanan bisa diminimalisir.


  • Pakai Celana Latihan

Saat traveling bersama balita, Moms juga perlu bersiap menghadapi situasi seperti mogok, macet, bahkan tertahan di gerbang pintu keluar bandara. Nah, jaga-jaga untuk menyediakan training pants atau celana latihan pipis selama dalam perjalanan. Nggak mau kan kesulitan membawa si kecil ke kamar mandi saat kebelet?


  • Jadwalkan Berhenti Di Perjalanan

Saat membawa kendaraan seperti mobil pribadi, rencanakan jadwal berhenti sesering mungkin agar si kecil bisa cepat ke kamar mandi dan tidak menahan buang air terlalu lama. Berhenti sekitar satu jam sekali sudah cukup ideal kok.


  • Bawa Toilet Seat Portable

Saat si kecil sudah terbiasa dengan bidet di rumah, si kecil mungkin saja menolak buang air di toilet umum karena tidak terbiasa atau melihat kondisinya tidak sebersih di rumah. Untuk mempermudah, Moms bisa membawa toilet seat portabel atau botol pipis portable yang dilengkapi plastik khusus untuk membuang kotoran.


  • Bersiap Menghadapi Kecelakaan

Perjalanan bersama si kecil pasti dipenuhi dengan drama-drama seperti ngompol di mobil, dan kecelakaan lainnya. Saat traveling bersama balita yang masih potty training, Moms bisa melapisi kursi dengan perlak bayi dan bantalan penyerap air. Moms juga perlu menyiapkan tas khusus berisi plastik, tisu basah, hingga beberapa pasang baju ganti dan celana latihan.


Mutter berharap perjalanan Moms lancar ya! Jangan lupa persiapkan segala kebutuhan si kecil agar traveling bisa berjalan dengan menyenangkan!


2 views0 comments