Ini Dia Perbedaan Warna ASI, Moms Wajib Tahu!





Dear Moms, pernah memperhatikan warna ASI yang Moms produksi? Bagi Moms yang baru, pasti cukup asing dengan warna ASI yang bisa berubah. Mulai dari semi bening, kekuningan, keruh hingga kehijauan. ASI memang tidak seperti susu formula yang memiliki warna putih keruh dengan komposisi dan tampilan yang selalu sama. ASI bisa saja tampak kebiruan jika persentasi foremilk yang dikandungnya lebih sedikit. Dan mungkin tampak berwarna merah muda jika mengandung darah di dalamnya.


Nah, bagaimana dengan warna ASI yang sehat dan normal?


Pasti Moms bertanya-tanya, kan? Dalam beberapa kasus, warna ASI yang normal tampak terang, putih, dan kekuningan. Ketika Moms mengeluarkan ASI dengan karakteristik diluar warna tersebut, Moms tidak perlu panik, ya. Ketahui arti perubahan warna ASI tersebut dengan menyimak ulasan Mutter di bawah ini:


  • Warna ASI Kuning

Banyak ibu menghasilkan ASI kuning selama beberapa hari pertama setelah melahirkan. Hal ini disebut dengan kolostrum, susu pertama yang sangat konsentrat dan bergizi, yang diproduksi oleh tubuh Moms setelah melahirkan, seringkali memiliki konsentrasi yang pekat dan berwarna kuning.


Sayuran seperti labu, wortel, dan ubi manis mengandung beta-karoten yang dapat memengaruhi ASI menjadi kekuningan atau oranye.


  • Warna ASI Putih

Selama transisi sejak pertama ASI Keluar dengan kolostrum dan produksi susu transisional mulai meningkat, ASI yang keluar dari tubuh Moms mungkin berubah dari kuning tua menjadi kuning muda, atau dari warna kekuningan hingga menjadi putih seluruhnya.


  • Warna ASI Bening/Kebiruan

Susu yang keluar saat awal pumping/menyusui adalah foremilk dengan karakteristik yang lebih encer dan mengandung lebih sedikit lemak dan lebih banyak elektrolit. Menjelang akhir sesi menyusui atau memompa, susu (hindmilk) menjadi lebih kental dan mengandung lebih banyak lemak, sehingga menghasilkan warna putih yang lebih krem ​​atau kekuningan.


  • Warna ASI Kemerahan

Jika ASI Moms berwarna merah terang, merah muda, atau merah bata, penyebabnya mungkin karena Moms banyak mengonsumsi makanan atau minuman yang secara alami berwarna merah atau merah muda.


Namun dalam beberapa kasus, Moms bisa juga mengalami pendarahan di puting atau infeksi. Segera hubungi dokter jika pendarahan tidak kunjung hilang.


  • Warna ASI Hijau

ASI dapat berwarna kehijauan jika Moms minum minuman yang mengandung pewarna hijau, makanan dengan bumbu tertentu, suplemen vitamin, dan banyak mengkonsumsi sayuran hijau.


32 views0 comments