Hamil Tua? Kenali 4 Pemicu Kontraksi Palsu di Trimester Akhir!




Dear Moms, pernahkah merasakan langsung kontraksi palsu saat sedang hamil? Kontraksi palsu sendiri kerap terjadi dan dialami oleh ibu hamil tua dan juga bisa terjadi sebelum itu.


Kontraksi palsu memiliki nama lain yaitu braxton hicks dan terkadang dirasa cukup menakutkan dan menyakitkan bagi ibu yang sedang mengandung. Hal ini lazim dirasakan, namun kontraksi tersebut dapat dipicu oleh berbagai hal. Untuk itu, simak ulasan Mutter mengenai penyebab terjadinya kontraksi palsu tersebut:


  • Tubuh Merasa Dehidrasi

Saat sedang hamil, dehidrasi dapat membawa dampak yang buruk seperti kelahiran prematur. Asupan harian air putih harus dijaga dengan cermat, apalagi jika sedang di tengah cuaca yang kering dan panas.


Jika Moms merasakan kontraksi palsu saat usia kehamilan belum mencapai 37 minggu, segera penuhi kebutuhan cairan dalam tubuh dan minta bantuan dokter kandungan untuk petunjuk tambahan.


  • Gerakan Janin

Tentunya Moms & Dads sangat senang dan gembira saat janin bergerak begitu aktif. Namun, sebaiknya segera istirahat dan batasi aktivitas harian agar gerakan janin menjadi berkurang.


  • Seks di Usia Kehamilan Tua

Meskipun diperbolehkan asal dilakukan secara berhati-hati, kontraksi dari hubungan seksual biasanya terasa intens. Kerap kali kontraksi terasa saat Moms merasakan orgasme. Moms juga perlu waspada dan melakukan konsyltasi pada dokter kandungan agar tidak meninggalkan risiko persalinan prematur.


  • Aktivitas Ibu Hamil

Jika Moms bergerak terlalu aktif dan intens, kontraksi palsu akan sering kali terjadi. Pasalnya, olahraga keras saat perut sudah besar memang meningkatkan risiko tersebut. Yang perlu diawasi lebih lanjut adalah ketika kontraksi Moms terasa sangat menyakitkan, pusing, sakit kepala, mengalami nyeri dada, hingga pendarahan vagina. Baiknya segera hubungi dokter kandungan ya, Moms!


11 views0 comments