‘Cekat-cekit’ Saat Menyusui? Berikut 5 Penyebab Payudara Terasa Kesemutan!






Menyusui bukanlah hal yang mudah dan selalu ada tantangan yang kerap datang saat melakukannya. Tapi pernahkah Moms merasakan setruman kecil hingga rasa kebas pada payudara saat menyusui?


Hal tersebut normal dan biasa dikategorikan sebagai kesemutan payudara. Di awal-awal menyusui, mungkin Moms merasakannya karena payudara mengalami adaptasi. Namun jika terasa berkepanjangan, alangkah baiknya Moms melakukan konsultasi pada dokter, ya.


Mutter telah merangkum beberapa penyebab payudara terasa kesemutan saat menyusui. Simak ulasannya ya!


  • Adanya Pembengkakan Pada Payudara

Payudara Moms bisa saja terasa kebas karena bengkak dan terasa berat. Kondisi ini juga tanda-tanda agar si kecil bisa segera mendapat asupan ASI yang cukup. Posisi yang kurang tepat saat memberikan ASI juga bisa mempengaruhi pembengkakan payudara.


Jangan sampai payudara terasa penuh ya, Moms. Lakukan power pumping sesegera mungkin!


  • Payudara Kering

Kulit payudara sangat sensitif, khususnya pada area puting. Sensasi kesemutan bisa terasa jika kulit terlalu kering. Moms bisa mengoleskan pelembap yang mengandung lanolin pada puting setelah menyusui.


  • Mastitis

Mastitis sendiri merupakan kondisi peradangan pada jaringan payudara yang diakibatkan infeksi bakteri yang masuk ke dalamnya. Kondisi mastitis juga bisa menimbulkan sensasi berupa kesemutan atau payudara terasa nyeri hingga terbakar.


  • Sariawan Pada Payudara

Payudara juga bisa tumbuh jerawat karena ada jamur yang masuk melalui puting. Jika ini terjadi, pastikan segera diobati dengan obat yang aman agar tidak menyebar dan tidak menular pada si kecil.


  • Vasospasme

Vasospasme saat menyusui merupakan kondisi ketika puting menegang dan diakibatkan oleh pembuluh darah yang mengerut. Gejalanya berupa sensasi kesetrum, tertusuk, gatal hingga kesemutan.

Untuk mencegah payudara kesemutan, hangatkan dan stimulasi dengan baik. Lakukan juga pijat payudara secara berkala, baik menggunakan tangan maupun alat.





Mutter punya solusinya loh, Moms! Gunakan Mutter Lactation Massager yang super aman bagi payudara, dengan fitur penghangat serta waterproof yang bisa Moms gunakan sambil relaksasi. Have a great day, Moms!

Referensi: The Asian Parent


0 views0 comments