Cara Efektif Bikin Si Kecil Sendawa





Mendorong si kecil untuk sendawa merupakan cara mudah untuk menghindari kondisi muntah atau gumoh si kecil. Biasanya, orang tua melakukannya saat bayi setelah minum susu. Meskipun terlihat mudah, namun bisa salah dilakukan jika tidak dipraktikkan dengan cara yang aman dan efektif.


Untuk itu, Mutter telah merangkum langkah-langkah mudah untuk membuat bayi sendawa, dengan tiga cara di bawah ini:


  • Gendong di dada

Saat digendong, posisikan dagu bayi menempel di bahu. Pegang bagian belakang kepala dan bahunya dengan satu tangan, kemudian gosok dan tepuk punggungnya dengan tangan yang lainnya.


  • Duduk di Pangkuan

Dudukkan bayi di pangkuan dengan memposisi membelakangi parents. Kemudian gunakan satu tangan menopang tubuh bayi, biarkan jari-jari parents berada di dagu dan rahangnya. Condongkan tubuh bayi sedikit ke depan supaya parents bisa menepuk punggungnya dengan lembut.


  • Telungkup di Lengan

Telungkupkan bayi di lengan parents dan posisikan tangan parents memegang bagian selangkangannya. Posisikan tubuhnya dekat tubuh parents untuk menjaga keseimbangannya. Gosok dan tepuk punggungnya dengan lembut sembari diayun.


Sendawa menjadi hal yang penting dilakukan setelah si kecil diberi ASI, baik DBF maupun ASIP yang sudah di pumping sebelumnya. Untuk mencegah udara terperangkap dalam perutnya, usahakan tubuhnya selalu hangat dan berikan ASIP sesuai suhu ruang.





Agar ASIP tidak tercemar bakteri, gunakan Mutter Breastmilk Storage yang terbaru dengan fitur double ziplock yang menjaga ASIP lebih baik dan anti bocor. Miliki sekarang dengan pesan di website Mutter ya!


0 views0 comments