Bayi Muntah setelah Minum ASI, Apa Saja Penyebabnya?




Waspada jika bayi diikuti dengan gejala ini!Bayi muntah atau gumoh setelah minum ASI merupakan hal yang normal karena ASI kembali ke kerongkongan dan otot di saluran pencernaan bayi masih lemah. Selama si kecil tidak sesak dan rewel, umumnya bayi akan terus gumoh hingga katup pada kerongkongannya semakin kuat.


Namun, ada pun penyebab terjadinya gumoh pada si kecil antara lain:


Minum ASI Berlebihan

Bukannya kenyang, terlalu banyak ASI akan membuat si kecil kembung dan begah. Ada baiknya Moms mengatur jumlah ASI yang diminum oleh bayi.


GERD

Bayi juga bisa mengalami GERD atau asam lambung yang naik ke kerongkongan. Periksakan ke dokter jiga si kecil juga mengalami tersedak, batuk, mengi dan sesak.


Menelan Udara saat Menyusui

Jika si kecil tidak sengaja menelan udara, bayi bisa tersedak. Biasanya kerap terjadi pada bayi yang minum ASI melalui botol.


Alergi

Jika si kecil mengonsumsi makanan yang berpotensi menjadi alergen, si kecil bisa mengeluarkan ASI-nya. Alergi pada bayi sendiri biasanya dibarengi dengan diare, bengkak dan gatal.


Flu

Sistem kekebalan yang rentan juga memungkinkan bayi rentan menderita flu. Jika dibiarkan, hal ini dapat memicu bayi muntah.


Kendati demikian, gumoh menjadi salah satu hal yang umum. Moms tidak perlu panik berlebihan dan biasakan si kecil untuk bersendawa ya, Moms!

13 views0 comments