Bahaya Cronobacter, Bakteri yang Tumbuh di Alat Menyusui





Dear Moms, pernah mendengar tentang bahaya bakteri cronobacter? Bakteri ini secara alami terdapat dimana saja, seperti makanan kering, tepung-tepungan, hingga teh herbal. Namun, busui wajib memperhatikan dan memprioritaskan kebersihan pompa ASI dan alat menyusui bayi karena bakteri jenis ini dapat berkembang di permukaannya.


Mikroorganisme ini mengakibatkan berbagai penyakit dan dapat berdampak serius pada bayi. Dilansir dari penelitian, bakteri ini dapat menyebabkan komplikasi berbahaya bahkan meningitis pada bayi. Meski jarang terjadi, infeksi karena bakteri ini juga dapat memicu kematian. Gejala yang umum dialami biasanya berupa demam, tidak mau menyusu, menangis hingga lemas. Untuk itu, pastikan Moms memeriksa bagian yang perlu dibersihkan secara maksimal dengan cara dibawah ini:


  • Jaga Kebersihan Tangan

Sebelum menyentuh pompa ASI atau peralatan menyusui lainnya, pastikan tangan Moms benar-benar bersih dan tambahkan sanitizer yang mengandung alkohol untuk memastikan tangan dalam keadaan steril.


  • Menggunakan Tisu Basah Antiseptik

Bagian luar pompa ASI biasanya akan lengket karena tumpahan ASI. gunakan tisu basah antiseptik agar membunuh bakteri yang menempel di bagian permukaan luarnya.


  • Meletakkan di baskom air hangat

Gunakan baskom bersih berisi air hangat untuk merendam peralatan pompa ASI. Hindari meletakkan pompa ASI atau alat menyusui pada wastafel ya, Moms!


  • Sterilisasi alat

Untuk memastikan Pompa ASI dan alat menyusui lainnya dalam keadaan benar-benar bersih, parents bisa melakukan sterilisasi. Rebus peralatan tersebut dalam air mendidih selama 15 menit atau menggunakan alat untuk mensterilkan botol susu.


  • Keringkan Pompa ASI

Keringkan pompa ASI dan alat menyusui dengan tisu, handuk atau lap bersih. Jangan menggunakan lap yang sudah digunakan dan pastikan Moms juga memiliki dry rack khusus untuk peralatan menyusui.


  • Gunakan Mutter 3 in 1 Sillicone Brush

Gunakan sikat atau spons khusus untuk mencuci pompa ASI dan peralatan menyusui lainnya dan jangan barengi dengan spons yang biasa dipakai untuk mencuci piring. Moms bisa gunakan Sikat khusus dari Mutter: 3 in 1 Sillicone Brush!




Sikat botol silikon dari Mutter terbukti lembut, tidak menyebabkan goresan ramah lingkungan, tahan lama dan anti bakteri. Gagangnya juga dapat berputar 360° sehingga dapat membersihkan semua kotoran dengan mudah. Tenang Moms, sikat silikon ini juga BPA Free jadi aman untuk digunakan!


58 views0 comments