ASI Kurang Lancar? Dukung dengan Ragam Makanan Ini!



Setiap ibu menyusui pasti mengalami kondisi dan pengalaman yang berbeda-beda, mulai dari produksi ASI yang melimpah, si kecil yang rewel, sampai stretchmark yang membekas di perut. Tidak sedikit juga ibu menyusui yang cukup khawatir ketika ASI keluar sedikit.


Jika Moms mengalami hal yang sama, tidak perlu khawatir ya Moms! Ada banyak beragam jenis makanan yang bersifat ‘laktogenik’ dengan kandungan galaktagog yang merangsang produksi jumlah ASI. Senyawa galaktagog sendiri mampu meningkatkan kadar hormon oksitosin setelah melahirkan. Simak 5 jenis makanan di bawah ini yang bisa busui konsumsi!


  • Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti bayam, brokoli, kale dan daun katuk bisa jadi pilihan utama Moms dalam mendorong produksi ASI. Moms dianjurkan juga untuk mengonsumsi 1-2 porsi sayuran berdaun hijau setiap harinya. Hal ini karena sayuran hijau mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen.


  • Gandum Utuh dan Oat

Gandum utuh atau oat dikenal dengan asupan berserat tinggi. Selain membuat busui merasa lebih kenyang, gandum atau oat juga kaya akan senyawa galaktagog dan zat besi yang berfungsi untuk mencegah anemia atau mudah kelelahan selama menyusui si kecil.


  • Bawang Putih

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa bawang-bawangan dapat membuat rasa ASI lebih enak sehingga ASI menyusu lebih banyak. Semakin sering dan semakin lama bali menyusu, produksi ASI juga akan makin meningkat.


  • Kacang-kacangan

Kacang-kacangan dapat dijadikan makanan penambah ASI karena mengandung serat yang baik untuk kesehatan pencernaan, juga protein dan kalsium. Diantara banyaknya pilihan kacang, Moms bisa mengonsumsi kacang merah, kacang almond dan kacang kenari.


  • Biji-bijian

Biji-bijian memiliki senyawa fitoestrogen yang berkhasiat baik untuk melancarkan ASI. Moms bisa mengonsumsi biji wijen, chia, rami atau flaxseed yang dicampurkan di minuman atau salad yang Moms suka.


Selain mengonsumsi makanan, Moms juga bisa melakukan beberapa upaya lainnya, yaitu mengurangi stress dan menyusui dengan kedua payudara. Saat menyusui, pastikan posisi Busui dan Si Kecil nyaman. Busui bisa membantu Si Kecil melekatkan bibirnya dengan benar ke puting agar ia dapat menyusu dengan baik. Susui si kecil dengan lebih sering setidaknya 8-12 kali sehari atau lakukan perah ASI untuk merangsang produksinya.





Gunakan Mutter Digital Breastpump Krystal Series sebagai teman mengASIhi Moms! Terdapat 5 mode pumping yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan Moms, dan sudah dilengkapi, dengan fitur double pumping yang kuat hingga 8 siklus. Tenang Moms, mesinnya anti berisik dan nggak bikin sakit loh! So, makin bikin breastfeeding makin lancar, kaan?



3 views0 comments