Apa Saja yang Wajib Disiapkan oleh Ibu Baru setelah Bersalin?


Image Source: Bia Octavia via Unsplash


Setelah proses persalinan yang berat, perjalanan Mom sebagai seorang ibu tidak berhenti sampai disitu saja. Tantangan selanjutnya adalah memberikan nutrisi terbaik bagi bayi lewat ASI atau air susu ibu.


Sebagai seorang ibu, terutama bagi ibu baru, perlengkapan yang memadai untuk mendukung kegiatan ASI adalah hal yang paling penting disiapkan. Apa saja sih yang dibutuhkan oleh ibu selama periode menyusui


  • Bra Menyusui

Untuk mempermudah menyusui si kecil, Mom membutuhkan bra menyusui. Bahan yang membuat nyaman dan bisa Moms pilih adalah bra dengan bahan katun tanpa penyangga. Dilengkapi kaitan kecil di bagian depan dan Moms hanya perlu melepas dan memasangnya kembali setelah selesai.


  • Breast Pad

Bagi Moms yang diberikan berkah dengan stok ASI berlimpah, alas payudara pasti dibutuhkan. ASI seringkali merembes keluar puting sehingga membasahi pakaian. Guna mencegahnya, Moms bisa menggunakan breast pad yang nyaman, baik yang bisa dicuci atau yang jenis sekali pakaian. Tetap perhatikan serapan cairan dari breast pad agar permukaan tetap kering dan tidak membuat lecet kulit payudara


  • Nipple shield

Terbuat dari bahan silikon yang lembut, perlengkapan satu ini dapat menjadi pelindung atau penyambung puting. Biasanya, nipple shield memiliki desain yang menonjol untuk memudahkan bayi dalam menyusui langsung. Selain menjadi penyambung, perlengkapan ini dapat digunakan ketika puting ibu mengalami iritasi atau pecah-pecah, juga digunakan oleh ibu yang memiliki inverted nipple.


  • Nipple Cream

Bagi ibu baru, lecet-lecet di kulit payudara akan sangat mengganggu saat menyusui si kecil. Kering dan pecah-pecah juga seringkali jadi alasan luka pada puting. Moms bisa menggunakan krim khusus untuk payudara agar selalu lembut dan terhidrasi.


  • Breast Pump



Breast pump atau pompa ASI menjadi sangat esensial bagi ibu menyusui, terutama ibu dengan berkah ASI yang melimpah atau yang memiliki banyak kegiatan. Saat tidak melakukan direct-feeding, Moms bisa menyimpan ASI Perah menggunakan breast pump. Carilah pompa ASI yang anti ribet dan tanpa rasa sakit, serta memberikan pijatan lembut terhadap payudara sehingga Moms dapat lebih rileks.


Untuk urusan breast pump, Moms bisa mengandalkan Mutter! Breastpump Krystal dan Pearl Series dijamin nggak bikin sakit dan super nyaman dengan banyak mode yang bisa diatur sesuai kebutuhan. Sudah dilengkapi dengan double pumping essential sehingga memudahkan Moms dalam menyetok ASI dengan efektif dan efisien.


Berikan yang terbaik untuk si kecil lewat persiapan Moms yang matang dan lengkap dan tetap semangat jalani hari sebagai ibu baru ya, Moms!





Referensi: 2019, Mother & Baby


3 views0 comments