4 Langkah Menyapih Tanpa Bikin Anak Rewel




Kekhawatiran parents ketika menyapih anak biasanya ada saat melihat si kecil rewel.Saat parents memutuskan untuk menyapih anak, parents bisa melakukannya secara perlahan tanpa paksaan agar si kecil juga tidak rewel.


Menyapih anak bukanlah langkah yang sulit, namun harus dilakukan pada waktu yang tepat. Yang pertama harus diperhatikan adalah si kecil sudah diberikan ASI eksklusif selama setidaknya enam bulan pertama setelah kelahiran dan penambahan kombinasi makanan padat sampai anak berusia 1 tahun.


Jika parents sudah menemukan waktu yang tepat, beberapa langkah di bawah bisa dilakukan ya Moms:


  • Mulai Menyapih

Perkecil frekuensi pemberian ASI eksklusif daripada sebelumnya. Aturlah secara cermat agar si kecil dapat mengurangi ketergantungannya mengisap susu setiap hari.


  • Alihkan Perhatian

Alihkanlah perhatiannya dengan jenis makanan dan minuman baru yang bernutrisi dan menarik untuknya. Jauhkan juga si kecil dari tempat yang biasa digunakan untuk menyusuinya setiap hari


  • Penuhi Kebutuhan Nutrisi dengan Susu Formula

Ganti ASI eksklusif dengan susu formula yang cocok dan mengandung nutrisi penting seperti zat besi. Moms juga bisa mulai memperkenalkan pada botol susu dengan dot.


  • Jangan Terburu-buru

Keberhasilan menyapih dapat diperoleh dalam hitungan hari bahkan bulanan. Lengkapilah langkah-langkah dan pendekatan untuk menyapih dengan memberikan si kecil pengertian bahwa ia sudah tumbuh besar, dan lakukan secara intens tanpa paksaan.


0 views0 comments