4 Hal yang Wajib Diketahui Moms saat Merawat Kuku Bayi!




Dear Moms, merawat kuku si kecil yang baru lahir pasti menjadi tantangan tersendiri. Hal ini karena jari tangan dan kaki bayi masih sangatlah kecil dan rapuh. Meskipun bertekstur lunak, kuku bayi harus jadi perhatian penting bagi orang tua karena dapat melukai Moms atau dirinya sendiri.


Untuk itu, jangan lupa perhatikan hal-hal di bawah ini agar kuku bayi terawat dengan baik.


Ingat bahwa Kuku Bayi Tumbuh Sangat Cepat


Saat lahir, si kecil belum memiliki kontrol motorik yang baik. Untuknya, memegang lengan Moms atau menggaruk tubuhnya sendiri adalah salah satu bagian dari proses pengembangan motorik.


Bersamaan dengan pengembangan proses motoriknya, kuku bayi sendiri tumbuh dengan sangat cepat sehingga Moms perlu memotongnya dua kali seminggu. Sebaiknya Moms memeriksa kondisi kukunya secara berkala, terutama jika ada luka atau tanda-tanda infeksi seperti bengkak kemerahan.


Menggunakan Gunting Khusus


Saat merawat kuku bayi, gunakan gunting kuku khusus yang berhidung tumpul agar menjaga kuku bayi memiliki panjang yang tepat. Jangan memotong kuku terlalu dekat dengan kulit serta jangan menggigit kuku anak karena dapat membuat jarinya infeksi.


Lindungi dengan Sarung Tangan Bayi


Sarung tangan bayi pasti menjadi salah satu essential things yang dimiliki Moms saat setelah melahirkan. Memakaikan sarung tangan bayi merupakan cara terbaik untuk melindungi bayi melukai dirinya sendiri. Meski begitu, buka sarung tangan bayi dalam waktu-waktu tertentu agar si kecil dapat mengasah kemampuan tangannya.


Gunakan Lotion


Dalam merawat kuku bayi, perhatian Moms dan Dads sangatlah dibutuhkan, terutama saat kuku si kecil cenderung kering dan mudah mengelupas. Jika kejadian tersebut terjadi pada si kecil, Moms dan Dads dapat memberikan losion yang dapat melembapkan kulitnya termasuk kulit sekitar kukunya.



1 view0 comments