Rileks Saat Persalinan dengan Hypnobirthing



Persalinan kerap menjadi momen yang mendebarkan bagi para mom. Rasanya tidak sabar ingin bertemu si kecil yang selama sembilan bulan berada di dalam perut. Perasaan campur aduk seperti cemas, khawatir dan takut mungkin mom rasakan.


Tahukah mom, jika rasa khawatir atau takut ini membuat tubuh mom dibanjiri oleh hormon adrenalin. Kelebihan adrenalin akan mengurangi aliran darah ke rahim serta sistem pencernaan. Akibatnya, otot-otot rahim tidak bekerja dengan baik karena kekurangan darah dan oksigen. Hal ini tentunya dapat membuat proses persalinan menjadi lebih susah dan lebih lama.


Adapun efek lain dari kelebihan kadar adrenalin, yaitu membuat tubuh berhenti memproduksi hormon oksitosin yang memudahkan persalinan, serta mengurangi produksi hormon endorfin yang membantu mom lebih tahan terhadap sakit saat persalinan.


Nah, untuk mengurangi persepsi akan rasa takut, cemas, tegang, serta rasa sakit saat melahirkan dapat diatasi dengan teknik Hypnobirthing.


Hypnobirthing adalah bagian dari metode self-hypnosis (hipnotis diri sendiri) dan teknik relaksasi untuk ibu melahirkan. Teknik ini didasarkan pada kekuatan sugesti. Prosesnya dapat menggunakan musik, video, atau kata-kata positif untuk memandu pikiran dan tubuh menjadi rileks.


Bagaimana cara kerja teknik hypnobirthing?


1. Mengendalikan pernapasan

Pengaturan pernapasan dalam metode melahirkan yang satu ini sangat penting untuk membuat mom merasa lebih rileks. Pola pernafasan bisa berubah tergantung pembukaan atau kontraksi yang dirasakan. Dokter akan memandu mom dalam hitungan tarik dan buang nafas. Hal ini diharapkan dapat membuat sistem saraf menjadi tidak tegang.


2. Bayangkan hal-hal positif

Biasanya, dalam teknik hypnobirthing mom akan dipandu untuk membayangkan sesuatu yang ada kaitannya dengan persalinan, tetapi dalam bentuk yang lebih menenangkan. Misalnya, mom bisa membayangkan persalinan di tempat sejuk yang penuh dengan bunga favorit untuk membantu mom lebih tenang. Menyetel musik lembut juga dapat menambah ketenangan.


3. Fokuskan pikiran pada kata-kata positif

Memfokuskan diri dan pikiran dengan kata-kata positif adalah salah satu cara kerja dalam teknik hypnobirthing. Sebagai contoh, mom bisa mengganti kata “kontraksi” dengan kata “gelombang cinta” untuk menggambarkan mengencangnya perut tanda persalinan. Harapannya, bahasa yang digunakan ini dapat membuat pikiran menjadi lebih positif dan nyaman selama proses melahirkan berlangsung.


Hypnobirthing aman untuk dilakukan, selama dokter yang menangani persalinan mom mendukung sepenuhnya. Lakukan teknik ini di rumah sakit dengan pengawasan dokter, tidak sembarangan dilakukan di rumah. Jadi saat mom mengalami komplikasi, dokter akan segera melakukan tindakan medis atau bahkan melakukan operasi caesar demi keselamatan mom dan si kecil.



Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun



Source: https://hellosehat.com/kehamilan/melahirkan/persalinan/hypnobirthing/


21 views0 comments