Si Kecil Muntah Kuning? Bisa Jadi Ini Penyebabnya!




Dear Mutter Parents, nggak usah panik saat si kecil mengalami muntah kuning. Hal tersebut tidak perlu dikhawatirkan dan parents perlu tahu penyebabnya supaya lebih waspada. Muntah kuning sendiri tidak terjadi secara terus menerus dan tidak dalam jumlah banyak, kok parents!


Saat terjadi muntah kuning, bisa jadi karena muntah kolostrum yang memang terjadi pada bayi yang baru lahir. Warna kuning pada muntahannya berasal dari kolostrum, yakni ASI yang keluar pertama kali yang berwarna kekuningan dan kental. Kolostrum mengandung antibodi yang baik untuk kesehatan bayi. Nah, kolostrum ini berwarna kekuningan sehingga wajar saja jika membuat muntahan bayi berwarna kuning.


Selain kolostrum, bayi muntah kuning bisa disebabkan oleh cairan empedu. Kondisi ini bisa saja terjadi ketika bayi dalam kondisi perut kosong. Alih-alih mengeluarkan makanan yang ada di perut, kondisi perut bayi yang kosong membuatnya mengeluarkan sebagian kecil cairan empedu.


Bayi muntah kuning perlu diwaspadai karena bisa jadi disebabkan oleh penyumbatan di usus. Adanya penyumbatan membuat makanan yang dikonsumsi bayi tidak tercerna dengan baik. Alhasil membuat tubuh harus mengeluarkannya. Tanda-tanda dari penyumbatan usus pada bayi yaitu muntah kuning sedikit kehijauan dan berbusa, muntah terus-menerus dan bisa membuat bayi terlihat lemas, juga rewel karena merasa tidak nyaman dengan perutnya. Pastikan Mom membawa si kecil segera ke dokter supaya tertangani dengan baik!


14 views0 comments

Recent Posts

See All