Pembengkakan Setelah Melahirkan (Postpartum Edema), Berbahaya atau Tidak?



Selama kehamilan, bukan hanya perut mom saja yang yang mengalami pembengkakan tetapi seluruh tubuh, termasuk wajah, lengan, dan kaki. Pembengkakan ini bisa terjadi hingga beberapa minggu setelah melahirkan. Inilah yang disebut sebagai postpartum edema.


Saat hamil, tubuh mom akan menghasilkan sekitar 50% lebih banyak darah untuk memberi makan dan melindungi si kecil. Hal ini menyebabkan konsentrasi hemoglobin yang rendah dan akumulasi cairan. Namun saat persalinan, tidak semua darah dan cairan tersebut terbuang dari tubuh. Kombinasi darah ekstra, perubahan hormon, dan retensi cairan inilah yang menyebabkan pembengkakan pasca melahirkan.


Karena pembengkakan ini normal terjadi dan tidak berbahaya, maka mom tidak perlu terlalu mengkhawatirkannya. Pembengkakan di area tangan, kaki, wajah, dan punggung bagian bawah biasanya akan berkurang dalam waktu satu minggu. Selama waktu itu juga, ginjal akan bekerja untuk menghilangkan kelebihan cairan dari tubuh. Cairan ekstra juga akan dikeluarkan sebagai keringat melalui pori-pori.


Lantas, bagaimana cara mengurangi atau menghilangkan postpartum edema?


Mom dapat mencoba melakukan hal-hal berikut:

- Diet sehat dengan banyak mengkonsumsi buah dan sayuran segar. Perbanyak juga makanan yang kaya kalium, seperti bayam, alpukat. Karena membantu meringankan pembengkakan.

- Hindari makanan yang mengandung natrium tinggi yang menyebabkan pembengkakan semakin parah.

- Minum banyak air putih dapat membakar kalori dan baik untuk kesehatan ginjal.

- Pilih olahraga ringan untuk melancarkan sirkulasi darah dan mengeluarkan cairan tubuh melalui keringat.

- Rendam kaki dengan air hangat. Mom bisa juga menambahkan aromatherapy oil agar tubuh lebih rileks.

- Massage dan refleksi kaki dipercaya dapat mengurangi rasa nyeri akibat bengkak di area kaki. Pilih treatment pijatan lembut di tempat refleksiologi favorit mom.

- Pastikan untuk menggunakan sepatu yang nyaman dengan alas (insole) yang empuk.


Jika pembengkakan sudah terjadi terlalu lama atau dengan gejala lain seperti rasa nyeri yang terus bertambah, kesulitan bernapas, detak jantung tidak normal, demam, dan sebagainya. Segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Gejala-gejala di atas menandakan terjadinya penyumbatan pembuluh darah dan komplikasi lain yang lebih serius.


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source:https://www.honestdocs.id/10-cara-sederhana-dan-efektif-untuk-menyembuhkan-edema-postpartum


22 views0 comments