Optimalkan Posisi Janin dengan Side-lying Release (SLR)



Selama masa kehamilan, posisi bayi di dalam kandungan biasanya akan terus bergerak dan berputar ke berbagai arah yang berbeda. Baru menjelang hari kelahiran atau di minggu terakhir kehamilan, bayi di dalam kandungan mulai menempatkan pada posisi yang terbaik agar mudah keluar dari kandungan.


Posisi bayi dalam kandungan merupakan hal penting untuk diperhatikan karena menjadi pertimbangan dokter untuk memutuskan apakah mom dapat melahirkan secara normal atau harus melalui operasi caesar. Selain memudahkan proses melahirkan, mengetahui posisi bayi di dalam kandungan dapat menurunkan risiko terjadinya komplikasi persalinan.


Namun, pada kenyataannya ada saja kendala yang mom alami seperti bayi dalam posisi sungsang, lintang, miring, bahkan posterior. Adapun beberapa teknik yang direkomendasikan untuk merubah posisi janin menjadi lebih baik. Nah, kali ini kita akan membahas teknik Side-lying Release.


Side-lying Release merupakan gerakan mengangkat salah satu paha dengan posisi tubuh berbaring miring. Peregangan pada otot panggul ini mampu memperpanjang otot-otot panggul selama kurang lebih 1-4 jam. Hal ini dapat memberi ruang untuk bayi merubah posisinya.


Pastikan punggung mom lurus dan paha tergantung rileks. pendamping yang membantu mom dapat menekan tulang panggul (tapi tidak terlalu kuat) kemudian menggoyangkannya untuk membantu mengendurkan otot. Lakukan selama 2-3 menit dan dapat diulang setiap 4-6 jam. Bisa juga dilakukan setiap dua minggu sekali jika waktu persalinan masih belum tiba.


Posisi kepala harus lebih tinggi, mom bisa menggunakan bantal. Usahakan memegang kursi atau meja di dekat sofa agar lebih aman. Lakukan ini pada kedua sisi panggul agar seimbang. Selama melakukan teknik ini, mom dapat bernafas perlahan dan mencoba rileks.

Berikut manfaat lainnya dari Side-lying Release:

  • Memberikan mobilitas lebih pada panggul

  • Melepaskan kekejangan otot di sekitar panggul dan pinggang

  • Mengurangi rasa sakit saat kontraksi persalinan

  • Membuat otot-otot dasar panggul menjadi lebih lembut sehingga memudahkan bayi melewatinya selama proses kelahiran

Side-lying Release aman dilakukan selama kehamilan, bahkan sampai menjelang persalinan. Namun jika mengalami kram, mom dapat menghentikannya.


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source: https://www.bidankita.com/yuk-mari-optimalisasikan-posisi-janinmu/3/


19 views0 comments