Mengenal Pelvic Tilt, Salah Satu Teknik Melancarkan Persalinan



Kekuatan panggul sangat diperlukan dalam masa kehamilan, khususnya ketika sudah mendekati waktu persalinan. Oleh karena itu, ibu hamil dianjurkan untuk melatih otot dasar panggul sedini mungkin. Salah satu teknik melatih otot dasar panggul yang sekaligus dapat melancarkan persalinan adalah teknik pelvic tilt.


Menurut dr. Sepriani Timurtini Limbong, teknik pelvic tilt adalah gerakan memperkuat otot-otot dasar panggul atau rongga pelvis. Untuk melakukan teknik ini, tubuh mom harus bertumpu pada tangan dan lutut.


Selain dapat melatih otot dasar panggul, teknik ini dapat membantu mengurangi nyeri punggung saat hamil dan membuat mom lebih rileks. Teknik ini cocok untuk posisi janin apapun dan dapat dilakukan saat kehamilan setelah 32 minggu atau saat bulan ke-8 dimulai.


Berikut ini cara melakukan teknik pelvic tilt:

  • Bertumpu pada tangan dan lutut. Posisikan tangan tepat di bawah bahu dan lutut di bawah pinggul.

  • Tarik napas dalam-dalam dan tundukkan kepala. Gerakkan tulang ekor ke atas.

  • Tahan posisi tersebut selama beberapa detik.

  • Buang napas, angkat kepala, dan luruskan punggung.

  • Tahan posisi ini selama beberapa detik, dan ulangi secara bergantian.

Mom dapat menyalakan musik lembut agar lebih rileks. Lakukan gerakan ini sebanyak 40 kali atau lebih. Setelah selesai, pastikan untuk bangun perlahan dan tidak terburu-buru. Jika lutut terasa aga sakit, mom dapat menambah selimut atau bantal di atas matras.


Gerakan ini terbukti dapat membantu memperlancar persalinan, asalkan dilakukan dengan cara yang tepat. Oleh karena itu, jika tertarik mencobanya, mom harus melakukannya di bawah pengawasan dokter sehingga dapat mengoptimalkan manfaat dan meminimalisir risiko cedera.


Apabila dokter mendeteksi adanya masalah pada tulang belakang, atapun cedera pada lutut, ibu hamil biasanya dilarang untuk melakukan gerakan ini.


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source:https://www.spinningbabies.com/pregnancy-birth/techniques/other-techniques/pelvic-tilt/


19 views0 comments