Mengatasi Posisi Bayi Melintang dengan Forward Leaning Inversion (FLI)



Setelah sebelumnya membahas teknik Side-lying Release untuk merubah posisi janin menjadi lebih baik, kali ini kita akan membahas teknik yang lebih direkomendasikan untuk posisi bayi melintang atau sungsang. Teknik ini dinamakan Forward Leaning Inversion.


Teknik yang pertama kali diperkenalkan oleh dr. Carol Phillips dan kemudian dikembangkan oleh Gail Tully dalam program spinning babies ini bertujuan untuk memberi ruang lebih pada rahim bagian bawah agar kepala bayi bisa bergerak turun saat persalinan.


Posisi yang dilakukan dalam teknik Forward Leaning Inversion memang lebih sulit dibandingkan posisi lainnya. Hampir sama dengan posisi push-up, namun kaki berada di tempat yang lebih tinggi seperti di atas sofa atau kursi. Mintalah bantuan orang lain untuk membantu mom agar lebih aman. Lakukan gerakan ini selama 30-45 detik, minimal 3-5 kali dalam sehari.


Saat melakukan teknik ini jangan terburu buru, mom harus memastikan semuanya aman agar terlindung dan terhindar dari risiko terjatuh atau tersungkur. Mom bisa melakukan pemanasan terlebih dahulu. Jangan melakukan FLI tepat setelah makan agar tidak mual. Cobalah untuk menarik nafas perlahan dan rileks.


Fungsi lain dari gerakan ini adalah:

  • Memberikan ruang bagi posisi janin yang baik dengan melepaskan ikatan ligamen ke uterus bagian bawah dan leher rahim.

  • Membantu leher rahim yang semula terlalu ketat atau kencang, menjadi lebih rileks.

  • Membantu merelaksasikan otot-otot panggul dan tarikan gravitasi di dalam rahim.

  • Membantu mengurangi nyeri pada bagian punggung, pinggul, atau nyeri tulang ekor yang sering dialami oleh ibu hamil trimester dua dan tiga.

Forward Leaning Inversion aman dilakukan oleh hampir semua ibu hamil. Termasuk ibu hamil yang posisi kepala janinnya sudah menghadap pada jalan lahir. Namun, jangan lakukan ini jika ada kontra indikasi medis seperti tekanan darah tinggi, vertigo, sinusitis, anemia berat, glaukoma, juga polihidramnion. Mom bisa berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk memastikan apakah bisa melakukan FLI atau tidak.

Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source: https://www.bidankita.com/forward-leaning-inversion-untuk-bayi-sungsang/4/


17 views0 comments