Kolostrum: Golden Milk dengan Nutrisi Lengkap

Updated: Jul 31



Mom tidak perlu bingung jika ASI pertama yang keluar setelah melahirkan tidak berwarna putih seperti ASI biasanya, malah berwarna kekuningan. Hal tersebut normal terjadi. Cairan kental kekuningan ini disebut kolostrum, biasa juga disebut golden milk atau cairan emas. Disebut cairan emas karena memiliki kandungan nutrisi yang berharga bagi si kecil dan mom.


Rianti A.Md, Keb, mengungkapkan bahwa kolostrum adalah pra-susu atau susu pertama yang dihasilkan setelah ibu melahirkan. Rata-rata wanita akan menghasilkan sekitar 50 ml cairan kolostrum, dalam waktu 48 hingga 72 jam setelah melahirkan.


Kolostrum mengandung nutrisi penting, seperti karbohidrat, lemak, protein, vitamin A, B, dan K, serta kalium, zinc, dan kalsium yang dibutuhkan si kecil untuk proses tumbuh kembangnya.

Dengan berbagai nutrisi dan kandungan vitamin tersebut, berikut manfaat kolostrum untuk si kecil:

Meningkatkan imunitas si kecil

Di dalam kolostrum terkandung sel darah putih dan zat pembentuk kekebalan tubuh yang disebut imunoglobulin. Kedua kandungan ini berperan penting dalam membantu si kecil melawan bakteri, jamur, dan virus penyebab infeksi.

Mencegah si kecil terkena Necrotizing Enterocolitis (NEC)

Kolostrum yang diminum oleh bayi akan menjadi lapisan tipis di saluran cernanya. Lapisan inilah yang berperan untuk melindungi usus dan lambung si kecil dari iritasi dan infeksi. Sehingga, penyakit necrotizing enterocolitis yang dapat merusak dinding usus bayi dapat dihindari.

Menghindarkan si kecil mengalami Ikterus Neonatorum

Ikterus Neonatorum atau penyakit bayi kuning terjadi saat kadar bilirubin yang tinggi dalam darah. Bilirubin adalah adalah pigmen kuning dalam sel darah merah. Apabila kadar bilirubin meningkat secara berlebihan dan tidak dikeluarkan tubuh, si kecil lebih berisiko terkena lumpuh otak, kerusakan otak, bahkan kematian. Namun, mom tidak perlu khawatir karena kolostrum yang diminum bayi memiliki efek laksatif, sehingga bayi dapat membuang bilirubin lewat tinja dengan lebih baik.


Menurunkan risiko kanker pada ibu menyusui

Selain bermanfaat untuk si kecil, kolostrum juga bermanfaat bagi mom. Menurut penelitian, ibu menyusui yang memberikan kolostrum pada bayinya berisiko lebih rendah untuk terkena kanker payudara, kanker ovarium, dan diabetes tipe 2.

So, jangan ragu untuk menyusui si kecil di awal melahirkan mom, agar si kecil mendapatkan semua manfaat baik dari kolostrum.

Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source:https://www.alodokter.com/kolostrum-nutrisi-lengkap-dan-alami-untuk-bayi


24 views0 comments