Kenali Milk Blister dan Cara Mengatasinya


Pernahkah mom mengalami luka lepuh seperti jerawat kecil di sekitar puting? Jika disentuh, terasa sangat sakit. Ini dinamakan luka lepuh ASI (milk blister) atau biasa juga disebut nipple bleb.


HaI ini terjadi karena beberapa faktor, seperti produksi ASI yang berlebih, tekanan pada payudara, masalah pada lidah bayi (seperti tongue tie), infeksi jamur atau bakteri, alergi terhadap nipple cream, sampai dengan penggunaan pompa ASI yang terlalu kuat.

Walaupun terasa sangat menyakitkan, milk blister tidak berisiko mengakibatkan komplikasi lainnya. Mom dapat melakukan hal-hal berikut ini:

1. Kompres puting

Kompres puting dengan lap hangat selama beberapa menit. Suhu hangat akan meredakan peradangan dan penyumbatan saluran ASI.


2. Hindari bra yang ketat

Pilih bra longgar dengan bahan yang lembut untuk menghindari luka pada puting semakin parah. Hindari bra dengan kawat yang ketat.


3. Pastikan kebersihan puting

Selalu bersihkan puting dari sisa-sisa ASI atau kotoran yang mungkin menempel agar terhindar dari infeksi jamur atau bakteri.


4. Pilih krim atau salep yang tepat

Salep dengan kandungan chamomile atau calendula berfungsi menjaga area puting tetap lembab, serta mengurangi rasa gatal dan nyeri.


5. Gunakan pompa ASI

Pompa ASI dengan daya hisap yang lembut dapat menjadi solusi mom mengatasi milk blister. Mutter Breastpump memiliki mode hisapan yang dapat diatur sesuai kebutuhan, sehingga nyaman bagi payudara mom.


6. Kunjungi dokter

Jika luka lepuh pada puting tidak kunjung sembuh walaupun sudah memakai salep, segera kunjungi dokter. Konsultasikan semua gejala yang mom rasakan, agar dokter dapat merekomendasikan pengobatan yang tepat.


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source:https://www.alodokter.com/7-cara-mengusir-milk-blister-si-jerawat-pengganggu-proses-menyusui



18 views0 comments