Amenore Laktasi, Metode Kontrasepsi Alami


Pernahkah mom mendengar istilah kontrasepsi MAL? MAL yang merupakan singkatan dari Metode Amenore Laktasi merupakan metode kontrasepsi alami yang bersifat sementara. Metode ini dapat digunakan setelah persalinan, dengan cara kerja menekan ovulasi.


Prinsip dasar metode ini adalah bahwa laktasi atau menyusui dapat menyebabkan ibu mengalami amenore. Amenore adalah masa saat mom tidak mengalami menstruasi. Di saat inilah, laktasi atau pemberian ASI eksklusif sangat penting karena dapat menekan menstruasi dan kesuburan.


Menurut Australian Breastfeeding Association, metode amenore laktasi bisa sangat efektif dan memiliki peluang yang tinggi pada beberapa kondisi, seperti:


1. Mom belum mengalami menstruasi lagi setelah melahirkan

Ketika di awal waktu menyusui setelah melahirkan, mom tidak mengalami menstruasi, artinya tubuh tidak melepaskan sel telur. Hal ini otomatis membuat mom tidak bisa hamil walaupun melakukan hubungan intim.


2. Bayi selalu menyusu ASI eksklusif

Mom diharuskan menyusui bayi secara eksklusif, yang berarti full breastfeeding selama 24 jam dalam sehari termasuk di malam hari. Mom harus menyusui si kecil lebih dari 8 kali sehari, disarankan sebanyak 10-12 kali. Hindari jarak antar menyusui lebih dari 4 jam. Si kecil juga harus menghisap payudara secara langsung.


3. Bayi berusia kurang dari enam bulan dan belum mendapatkan MPASI

Baru setelah ibu berhenti menyusui dan bayi mulai mendapatkan makanan dari sumber lainnya, tubuh mulai bersiap kembali untuk melakukan ovulasi. Dengan kata lain, ketika ASI tidak lagi diberikan pada si kecil, mom mulai bisa hamil kembali.


Sebenarnya, keefektifan amenore laktasi dalam mencegah kehamilan tergantung dari bagaimana cara mom menerapkannya. Jika mom konsisten dalam menerapkannya, metode amenore laktasi bisa sangat akurat untuk menunda kehamilan. Karena tubuh dianggap tidak memproduksi sel telur sebanyak biasanya selama enam bulan setelah melahirkan si kecil.


Namun tidak menutup kemungkinan, masih ada peluang kehamilan terjadi hingga kurang dari dua persen. Jika salah satu dari poin metode di atas tidak dapat mom penuhi, maka menstruasi bisa datang kapan saja di luar prediksi.


Pikirkan dengan matang dan diskusikan dengan suami saat mom ingin melakukan metode amenore laktasi ini. Jika ingin mencegah kehamilan dengan tingkat keakuratan yang tinggi, mungkin mom membutuhkan alat kontrasepsi lain untuk menunda terjadinya kehamilan.


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

#BreastfeedingIsFun


Source: https://hellosehat.com/parenting/bayi/menyusui/metode-amenore-laktasi/


15 views0 comments