Yuk, Ketahui Berapa Lama Daya Tahan ASI dan Kenali Ciri ASI Basi!

Updated: Aug 26




Menjadi breastfeeding mom tentulah bukan hal yang mudah ya, mom? Selain memperhatikan jumlah volume ASI, Menjaga ASI tetap dalam kondisi baik menjadi tugas moms.


Knowledge dan informasi mengenai penyimpanan ASI sangat diperlukan terutama bagi mom yang akan kembali bekerja atau akan bepergian/travelling. Mengapa demikian? Karena saat tidak tersedia lemari pendingin atau freezer, daya tahan ASI akan menurun.


Di lemari pendingin ASI dapat bertahan hingga 5 hari, bahkan bisa sampai 3-12 bulan jika disimpan di freezer. Saat di luar lemari pendingin atau freezer, stock ASI akan berada di suhu ruang sekitar 25°C. Menurut Akademi Dokter Anak Amerika Serikat (AAP) pada suhu tersebut daya tahan ASI maksimal hanya 4 jam saja dan dapat menjadi 6-8 jam jika kondisi lingkungan sangat bersih.


Selain suhu, juga perlu diperhatikan ciri ASI yang masih layak konsumsi atau sudah basi ya, mom. Pastikan ASI tidak ada rasa asam dan bau seperti susu sapi yang sudah kadaluarsa. Untuk ciri fisik, pastikan ASI tidak menggumpal saat dikocok. Karena penggumpalan pada ASI mengindikasikan bahwa ASI tidak lagi berkualitas baik.


Di saat mom berada di luar ruangan dan berpacu dengan keterbatasan waktu, MUTTER menghadirkan MUTTER BREA BAG yang dilengkapi dengan kompartemen cooler yang mampu menjaga ASI tetap dingin selama 12-20 jam dengan pemakaian ice gel yang disarankan. Dengan begitu, daya tahan ASI mom dapat meningkat 3-5 kali lipat.

No more ASI bau atau basi yaa, mom..


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit


Source:https://lifestyle.kompas.com/read/2020/01/21/162248920/ketahui-berapa-lama-daya-tahan-asi-dan-ciri-asi-basi?page=all



15 views0 comments