Si Kecil Sering Menggigil? Ini Dia Penyebabnya




Menggigil menjadi salah satu hal yang normal untuk orang dewasa saat merasakan kedinginan. Disisi lain, bayi juga bisa merasakan hal yang sama. Namun, tahukah Moms bahwa sampai sekitar usia enam bulan bayi tidak bisa menggigil karena kedinginan?


Meski bayi terlihat menyentak lengan dan kaki, gerakan tersebut bisa jadi tanda yang lebih serius. Mengutip dari Prof Paul Colditz dari Royal Australian College, anak-anak akan menggigil sebagai cara untuk menghasilkan panas, namun bayi memiliki jenis lemak yaitu jaringan adiposa yang membantunya tetap hangat.


Penyebab si kecil menggigil bisa jadi bukan kedinginan, tapi beberapa hal ini:


Karena Terlalu Bersemangat


Karena kontrol otot berkembang perlahan-lahan, bayi akan sering bergidik, sehingga saat bersemangat, anggota tubuh mereka juga menginginkan sesuatu atau bergerak dengan cara apa pun. Gerakan bayi juga isa sangat lambat bahkan disalahartikan sebagai kejang.


Baru Bangun Tidur


Saat lain yang sangat umum untuk mengamati gerakan bayi yang sering menggigil yang tidak biasa adalah ketika bayi tertidur dan ketika mereka mulai bangun. Gerakan-gerakan ini disebut myoclonus, yang berasal dari bahasa latin myo, yang berarti otot, dan clonus, yang berarti sensor on / off yang cepat.


Cedera


Jika si kecil menggigil dalam jangka waktu 20 detik sekali, bisa jadi si kecil mengalami cedera, penyakit tertentu, demam hingga kehilangan kesadaran. Si kecil juga bisa menggigil karena kurangnya vitamin D.

7 views0 comments