Sering Keputihan? Kurangi 5 Makanan Ini!




Dear Mutter Moms, menjaga organ reproduksi pasti sangatlah penting bagi wanita. Apalagi kesehatan vagina, karena disitulah segala proses reproduksi berjalan. Salah satu masalah yang paling sering dan umum adalah keputihan.


Keputihan sendiri terjadi karena adanya perubahan hormon atau infeksi ringan akibat perubahan pH atau keasaman di vagina.


Meskipun keputihan tidak berbahaya dan hal yang normal, ada kalanya keputihan sanga mengganggu karena dapat menimbulkan rasa gatal atau bau yang kurang sedap di area intim. Keputihan yang abnormal bisa ditimbulkan oleh parasit, jamur, virus hingga bakteri. Keputihan sendiri juga bisa memicu memunculkan penyakit yang lebih berbahaya seperti sifilis dan gonore.


Namun, keputihan juga bisa dipicu oleh berbagai jenis makanan yang berhubungan dengan infeksi jamur. Makanan yang dimakan dapat mempengaruhi keasaman pada vagina seperti rempah-rempah hingga alkohol memengaruhi keseimbangan alami yang dimiliki vagina.


Untuk menjaga kesehatan vagina Moms, berikut berbagai makanan yang perlu moms kontrol konsumsinya:


1. Mentimun

Mentimun merupakan makanan yang sering ditemukan sebagai sayuran lalap di makanan sunda. Namun, mentimun dapat meningkatkan produksi hormon esterogen sehingga Moms perlu mengonsumsinya dalam batas yang wajar.


2. Pasta Tomat

Bagi Moms pecinta makanan italia, pasti sering menikmati pasta tomat sebagai cocolan atau saus dari pasta. Namun, hal ini kurang baik untuk Moms karena pasta tomat telah diproses dengan fermentasi menggunakan ragi.


3. Telur

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah telur. Telur adalah sumber protein hewani yang mudah didapat dan diolah. Makanan ini juga memiliki sejumlah kalori dan protein. Namun, karena tingginya kedua kandungan zat tersebut, telur dapat merangsang tubuh mengeluarkan lendir keputihan, Moms.


4. Makanan Manis seperti Permen dan Gula-gula

Permen atau makanan tinggi gula dapat meningkatkan risiko infeksi jamur di vagina. Jamur benar-benar menyukai gula, kehangatan, dan kelembapan. Makanan yang kaya akan gula dapat meningkatkan risiko seorang perempuan untuk mengalami infeksi jamur jika lingkungannya mendukung atau hangat dan lembab. Misalnya ketika seseorang selesai olahraga dan membiarkan area intimnya berkeringat.


5. Keju

Makanan penyebab keputihan selanjutnya adalah keju. Keju biasanya digunakan dalam makanan seperti makaroni keju atau pizza. Keju mengandung banyak kalsium untuk tulang, tetapi jika Moms mengonsumsinya dalam jumlah berlebihan setiap hari, maka makanan ini dapat menjadi penyebab keputihan.

0 views0 comments