Seperti apa rasanya menggunakan pompa ASI?

Updated: Aug 26

Jika Moms sedang menunggu kelahiran bayi dan belum pernah mencoba memompa ASI sebelumnya, Moms mungkin gugup menggunakan pompa ASI. Jika Moms bertanya-tanya seperti apa rasanya pompa ASI? sakit gak ya?


Tidak ada yang perlu dikhawatirkan Moms, karena dengan corong dan breast shield yang dipasang dengan benar dan menggunakan level pengaturan yang benar, menggunakan pompa ASI tidak menyakitkan loh Moms.



Seperti apa rasanya pompa payudara?

Dalam istilah yang paling sederhana, pompa ASI menggunakan alat hisap untuk menarik dan merangsang puting Moms, mengeluarkan ASI dan masuk ke dalam botol penampung. Selain mengeluarkan ASI dari payudara, menggunakan pompa ASI tidak seperti memerah susu sapi.


Teknologi pompa ASI telah berkembang pesat dalam satu abad terakhir, dan para peneliti telah benar-benar berusaha untuk membuat prosesnya senyaman dan senyaman mungkin. Kami telah bertanya kepada para ibu yang sedang menyusui bagaimana rasanya menggunakan pompa ASI Mutter, dan inilah yang mereka katakan:

So far, enak pakai Mutter, emang bagus, pumping di level 6-7 gak sakit. - Mom Emi
Mantap memang Mutter, worth it lah, harga oke, gak bikin sakit, suara smooth banget, payudara terkuras maksimal, idola baru mama - Mom Yovidiah

*Testimoni dapat Moms baca di Instagram @mutter.life

Tips dari kami, Moms harus memiliki pikiran yang benar untuk mendapatkan pengalaman pumping yang baik.

Menggunakan pompa ASI bisa menjadi emosional

Menggunakan pompa ASI bisa menjadi pengalaman emosional. Ketika memompa ASI membuat tubuh Moms memproduksi hormon prolactin dan oktitosin, jadi tidak heran jika Moms merasa emosional ketika sedang menyusui langsung atau sedang memompa ASI.

Yang pasti, Moms pasti akan merasa bangga saat memompa.

Haruskah sakit menggunakan pompa ASI?

Menggunakan pompa ASI seharusnya tidak sakit! Jika Moms mengalami rasa sakit atau ketidaknyamanan saat memompa, ada beberapa hal yang harus Moms periksa terlebih dahulu antara lain;


Ukuran breast shield yang salah adalah penyebab utama nyeri saat menggunakan pompa payudara. Menggunakan ukuran pelindung yang salah dapat menyebabkan rasa sakit atau iritasi saat memompa, melepuh, dan bahkan melukai puting Moms. Ini juga dapat menghambat aliran ASI, menyebabkan Moms memompa lebih lama dari biasanya yang juga menyebabkan iritasi, dan berpotensi menyebabkan saluran tersumbat.


Moms dapat mengukur ukuran breast shield dengan mencetak penggaris pengukur puting yang dapat diunduh di link ini : Penggaris Pengukur Puting atau dapat mengirimkan foto atau video melalui WA ke nomor : 0813 8686 6657 untuk admin kami bantu konsultasi.

Penyebab umum nyeri lainnya saat memompa adalah menggunakan level hisapan yang terlalu tinggi. Untuk kenyamanan Moms, Moms tidak boleh memompa lebih tinggi dari level nyaman Moms, dan rasa sakit sebaiknya tidak dimaklumi tapi harus dicarikan jalan keluarnya. Untuk menemukan tingkat kenyamanan maksimum Moms, tingkatkan level vakum secara bertahap saat Moms memompa, mulai dari level pemompaan terendah. Setelah Moms mulai mengalami ketidaknyamanan, turunkan level satu tingkat - itu adalah tingkat kenyamanan maksimum Moms (perhatikan bahwa ketika Moms mengoreksi ukuran breast shield yang salah sebenarnya dapat meningkatkan tingkat kenyamanan Moms loh).

Merasakan sedikit sensasi tarikan saat Moms memompa adalah hal yang wajar, tetapi tidak terasa sakit.

Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit

137 views0 comments