Sebaiknya Hentikan Penggunaan Handphone saat Menyusui. Ini Alasannya!




Saat mendesak atau karena sudah terbiasa, Moms cenderung menggunakan handphone saat melakukan kegiatan lain. Namun, jika Moms menggunakan handphone saat menyusui seperti membuka sosial media terus menerus adalah hal yang cukup berbeda, Moms.


Perdebatan tentang kebiasaan menyusui sambil main handphone juga sering menimbulkan kecemasan. Pasalnya, handphone merupakan gawai yang esensial dan pasti sering digunakan. Segala bentuk kegiatan juga seringkali melibatkan handphone seperti melihat resep, membaca berita, dan lainnya.


Akan tetapi, Moms juga perlu mempertimbangkan penggunaan handphone untuk beberapa alasan berikut ini:


1. Mengganggu Kontak Mata Bayi

Saat menyusui, bayi pasti menghadapkan pandangannya pada wajah Moms. Jika baru dilahirkan pun, penglihatan mereka pada dasarnya hanya sejauh payudara hingga wajah ibunya. Sehingga, saat Moms fokus menggunakan ponsel, Moms akan melewatkan momen kontak mata yang penting bagi tumbuh kembang si kecil.


Kontak mata tersebut sangatlah penting karena dapat membantu meningkatkan keterampilan komunikasi dan pembelajaran mereka di kemudian hari. Hal ini karena kontak mata membuat otak serta emosi ibu dan bayi selaras.


2. Menyebabkan Bayi Tumbuh menjadi Anak yang 'Caper'


Dari eksperimen yang dilakukan, bayi yang melihat orangtuanya fokus pada hal lain memberikan ekspresi yang cukup kosong. Dalam penelitian tersebut, peneliti menemukan bahwa bayi yang orang tuanya mengabaikan keinginan mereka untuk diperhatikan, cenderung senang mencari perhatian dari orang dewasa lain di sekitarnya.


Upaya untuk mendapatkan perhatian yang mereka lakukan termasuk mengoceh atau bahkan menarik wajah Moms ke arahnya. Meskipun gerakan ini menggemaskan, ini bisa membuat mereka lebih sensitif.


3. Resiko Over-feeding


Dalam penelitian di Australia, bayi cukup sensitif mendengar bunyi notifikasi smartphone yang memiliki daya tarik lebih besar dibandingkan sinyal kenyangnya sendiri. Sehingga busui pun seringkali lupa menghentikan aktivitas menyusuinya saat bayi sudah kenyang.


4. Terpapar Radiasi Handphone


Sudah menjadi hal yang umum kalau gadget apapun menimbulkan radiasi. Namun, karena bayi masih rentan, kecenderungan menyerap radiasi ini menjadi lebih tinggi. Meski demikian, radiasi dar ponsel yang Moms mainkan saat menyusui dapat merusak struktur DNA bayi, sel-sel otak dan menyebabkan kanker.

8 views0 comments