Pertolongan Pertama untuk Anak Jatuh dari Tempat Tidur. Simak yuk!



Usia anak yang semakin dewasa membuat tumbuh kembang serta motoriknya semakin terlatih. Jika anak sudah mulai bergerak kesana kemari, situasi tak mengenakkan seperti tersandung dan jatuh dari tempat tidur sangat normal dirasakan oleh si kecil dan Moms.


Menginjak usia anak lebih dari 7 bulan, Moms dan Dads perlu semakin berhati-hati untuk memperhatikan tingkah laku si kecil. Dan jika kejadian jatuh dari tempat tidur terjadi pada si kecil, simak pertolongan pertama yang bisa Moms dan Dads coba!


Gendong dengan Lembut Moms, ketika mendapati bahwa Si Kecil telah terbaring di lantai, jangan panik dulu, ya. Cobalah untuk menggendong anak dengan lembut dan coba tenangkan. Memindahkan anak jatuh dari tempat tidur dengan cepat akan berisiko memicu komplikasi serius, seperti cedera pada kepala atau tulang belakang.


Periksa Cedera


Setelah merasa lebih tenang, cek sekujur tubuhnya. Pastikan menggerakkan anggota tubuh dengan hati-hati supaya memar atau benjolan tidak semakin parah. Jika bayi muntah atau kejang-kejang, miringkan dengan lembut. Pastikan leher anak tetap lurus dalam posisi ini.


Gejala Gegar Otak


Sejumlah anak mengalami gegar otak ringan pasca jatuh dari tempat tidur. Hal ini dapat memengaruhi cara kerja fungsi otak dan pola berpikir anak. Karena kebanyakan anak tidak bisa mengkomunikasikan apa yang dirasakan, sebagai orang tua perlu tahu gejala dari gegar otak satu ini:

  • Rewel saat makan

  • Perubahan pola tidur

  • Menangis saat berbaring di satu sisi

  • Mudah tantrum


Kompres Luka


Apabila anak mengalami bengkak, memar, atau benjolan di kepala, lakukan satu langkah ini. Coba berikan kompres dingin pada area yang memar. Amati gejalanya selama 24-28 jam kemudian. Jika gejala tidak memburuk, berikan kompres hangat ke area yang sama, Moms.

17 views0 comments