Mudik Lebaran dalam Kondisi Hamil? Simak Tips Berikut Ini!




Mudik sudah menjadi tradisi yang sangat melekat bagi seluruh keluarga Indonesia untuk merayakan momentum lebaran setiap tahunnya. Ditambah dengan larangan mudik selama dua tahun akibat pandemi, kini musik menjadi satu hal yang butuh banyak persiapan mulai dari fisik dan mental.


Mudik lebaran juga merupakan kegiatan yang menyenangkan sekaligus juga merepotkan karena begitu banyak hal yang harus dipersiapkan sebelum keberangkatan, terutama bagi ibu hamil.


Akan tetapi, bukan berarti ibu hamil tidak bisa mudik dengan nyaman. Simak tips dari Mutter berikut ini:


Konsultasikan pada Dokter Kandungan


Karena kondisi fisik dan janin setiap ibu hamil berbeda, ada yang kuat menempuh perjalanan jauh tanpa mengalami gangguan kesehatan dan ada juga yang tak bisa melakukannya karena sering mual dan muntah, maka baiknya Moms mengkonsultasikan terlebih dahulu pada dokter kandungan.


Pilih Waktu yang Tepat


Saat mendekati lebaran, kondisi jalan raya akan sangat padat dan membuat perjalanan menjadi kurang nyaman. Jika Moms berencana mudik dengan mobil, waktu tempuh bisa jadi lebih lama. Ibu hamil yang berisiko kelelahan dapat menghindari hal tersebut dengan memilih waktu yang tepat saat jalanan tidak terlalu ramai.


Perhatikan Asupan Nutrisi


Selama perjalanan mudik lebaran, kebutuhan gizi ibu hamil harus tetap tercukupi agar kondisinya tetap fit. Apabila Moms ragu dapat menemukan makanan sehat penuh gizi selama perjalanan mudik, bawalah bekal yang dimasak sendiri.


Gunakan Pakaian yang Nyaman


Saat menempuh perjalanan jauh, ibu hamil sebaiknya menggunakan pakaian yang nyaman dan longgar sehingga tidak menimbulkan rasa gerah dan juga sesak.

7 views0 comments