Mau Promil tapi Haidnya Nggak Teratur?



Siklus menstruasi memang selalu jadi patokan saat memutuskan untuk program hamil. Walaupun siklus menstruasi yang tidak teratur bisa menjadi tanda ketidaksuburan, namun bukan berarti bahwa setiap wanita dengan menstruasi tidak teratur tidak memiliki peluang hamil. Kenali apa saja penyebabnya serta peluangnya yuk Moms!


Penyebab Haid tidak teratur yang paling umum ada 4;


Stres

Peningkatan kadar hormon adrenalin dan kortisol memaksa otak untuk menentukan fungsi mana yang penting dan tidak penting. Karena hormon tersebutlah, Moms sering merasa bingung, lelah, hingga stres yang berlebihan.


Sakit

Seluruh anggota tubuh bisa menempatkan diri untuk memprioritaskan fungsinya saat sakit sehingga ovulasi bisa tertunda. Misalnya, Moms mengalami sakit ginjal yang pada akhirnya, seluruh fungsi tubuh memprioritaskan diri pada bagian yang sakit dan menomorduakan ovulasi. Karena sakit pula, obat-obatan yang dikonsumsi sangat bisa mempengaruhi sistem ovulasi.

Berat Badan Ekstrem

Penurunan atau kenaikan berat badan ekstrem dapat menekan hipotalamus atau kelenjar otak yang mengatur siklus menstruasi.


Olahraga berlebihan

Jika berlebihan tanpa memperhatikan asupan kalori yang cukup, moms bisa mendapatkan gangguan fisik lainnyaJika siklus menstruasi Moms tidak teratur, kemungkinan besar Moms juga tidak berovulasi secara teratur. Ini berarti ovarium melepaskan sel telur lebih jarang daripada biasanya.


Bagi Moms yang ingin mengatur siklus menstruasi, Moms bisa melakukan 3 kategori pengobatan yaitu:


  • Perubahan Gaya Hidup

  • Obat Alternatif

  • Pengobatan dan Operasi

Sebaiknya mulailah dengan pendekatan yang paling sedikit berisiko untuk mengatasi menstruasi tidak teratur. Tidak lupa untuk konsultasikan pada dokter supaya Moms mengetahui treatment yang tepat guna mengatasi siklus haid yang tidak teratur tersebut. Selamat mencoba ya moms!

6 views0 comments