Jangan Lakukan 5 Kesalahan Ini saat Menyimpan ASI Perah!



Untuk para Moms yang sibuk bekerja, pumping ASI pasti jadi rutinitas yang tidak bisa dihindari. Namun banyak ibu menyusui yang sering melakukan kesalahan dalam menyimpan ASI yang dihasilkan, sehingga ASI-nya jadi rusak dan tidak berkualitas.


ASI sangatlah berharga bagi si kecil karena mengandung berbagai nutrisi yang punya dampak baik seperti meningkatkan imun dan mempercepat tumbuh kembangnya. Untuk itu, jangan sampai Moms melakukan 4 kesalahan ini saat menyimpan ASI perah!


Simpan ASIP dekat daging segar


Saat Moms tidak punya kulkas khusus menyimpan ASI, biasanya akan menumpuk ASI bersamaan dengan bahan makanan lain di dalam kulkas. Sekalipun ASI tertutup rapat, bakteri tak kasat mata tetap saja menjajah di sekitar kemasan ASI tersebut. Seperti yang diketahui, daging segar memiliki banyak bakteri yang bisa mengganggu sterilnya ASI.


Simpan ASIP di tempat yang basah


Saat menyimpan ASIP dalam botol yang tidak kering, bakteri bisa berkembang biak di dalam ASI dengan cepat. Meskipun cukup banyak ibu yang menyimpan ASIP ke dalam botol karena tidak yakin dengan kualitas kantong ASI plastik, pastikan botol yang digunakan kering dengan sempurna.


Terlalu lama menyimpan ASIP di kulkas


Perlu diketahui, kualitas ASIP akan berkurang seiring dengan lamanya waktu penyimpanan. Apalagi, tak semua orang yang punya kulkas mengecek secara rutin suhu lemari pendinginnya. Tak semua rumah bebas dari gangguan listrik.


Memanaskan ASIP beku dan membekukannya kembali


Jika Moms pernah menghangatkan ASIP dengan microwave, jangan pernah ulangi lagi kesalahan tersebut ya. Meskipun praktis, cara ini tidak aman untuk ASIP karena microwave bisa merusak vitamin dalam ASI.


Jika Moms juga pernah membekukan kembali ASI yang sudah cair, jangan diulangi lagi ya. Faktanya, sekalipun baru saja disisakan, membekukannya lagi sangat mengurangi kualitas ASI. Jika ASI sudah sisa, maka langkah paling bijak adalah membuangnya.


Menggunakan Kantong ASIP yang bocor


Kantong ASI plastik adalah tempat paling populer di kalangan ibu menyusui untuk menyimpan ASI. Selain praktis, kantung ASI ini juga aman karena BPA free dan harganya juga lebih murah dari botol ASI. Namun pastikan kantong ASI yang digunakan tidak bocor ya.




Agar aman, gunakan kantong ASI dari Mutter yang memiliki double ziplock serta BPA Free yang jaga kualitas ASIP dengan baik. Kantong ASI Mutter juga punya desain yang menarik! Lakukan pemesanan di Shopee dan Tokopedia Mutter sekarang juga ya, Moms!

58 views0 comments