Ini dia Cara Redakan Sakit Pinggang Saat Hamil Tua



Masuk ke trimester ketiga, perut ibu hamil akan semakin membesar dan menekan area pinggang. Hal tersebut akan membuat pinggang terasa sangat sakit dan pegal-pegal. Perlu diketahui, hormon relaksin selama hamil lah yang membuatnya terjadi, hormon tersebut juga bisa membuat sendi di daerah pinggang menjadi lembek.


Selama menjadi busui, tentunya tidak mudah untuk Moms memilh penanganan dalam mengatasi rasa sakit Moms. Untuk itu, hindari obat-obatan pereda nyeri dan lakukan beberapa hal ini agar sakit pinggang Moms mereda!


Hindari Membungkuk

Moms sebaiknya tetap berjalan dan duduk tegak meski kesulitan menopang perut. Ketika harus mengambil benda yang lebih rendah, maka Moms dianjurkan jongkok, dibanding membungkuk.


Pastikan untuk Mengatur Posisi Tidur

Atur posisi tidur dengan cara mengganjal punggung menggunakan bantal. Bantal akan membantu mengistirahatkan kerja otot saat tidur sehingga meredakan nyeri pinggang. Selain itu, cobalah untuk tidur dengan posisi miring ke samping, jangan terlentang. Posisi miring akan menghindari posisi punggung menopang perut yang semakin membesar.


Rutin Melakukan Senam Hamil

Senam hamil bisa meregangkan otot-otot pinggang, mengurangi sakit pinggang, sekaligus melancarkan proses persalinan.


Kompres Air Hangat

Moms bisa meredakan nyeri pinggang dengan mengompres area pinggang dengan air hangat. Tempelkan handuk yang telah dicelupkan ke air hangat selama 15 menit. Lakukan cara tersebut setiap dua jam sekali atau saat pinggang terasa sakit. Air hangat dipercaya mampu merangsang aliran darah ke daerah yang nyeri.

2 views0 comments