Ibu Bahagia, ASI Melimpah

Tidak sedikit moms yang mengeluhkan jumlah ASI yang sedikit dan kurang berkualitas. Keluarnya ASI sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor loh, mom. Tahukah mom apa saja yang faktor tersebut?


1. Asupan Makanan

Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang merupakan faktor yang harus diperhatikan ya, mom. Sayur bayam yang mengandung zat besi sangat dianjurkan agar mencegah mom terhindar dari anemia. Gandum yang kaya serat juga merupakan pilihan tepat agar mom cepat kenyang. Dan tidak lupa brokoli dan sayuran hijau lainnya yang mengandung senyawa fitoestrogen yang serupa dengan hormon estrogen. Senyawa ini baik untuk mendukung produksi ASI.


2. Perawatan Payudara

Kebersihan payudara haruslah dijaga, tetapi yang tidak kalah penting adalah pijatan lembut pada payudara yang dapat membuat mom rileks. MUTTER Warming Lactation Massager Alat Pijat Laktasi ASI dengan penghangat cocok untuk membuat mom rileks dan nyaman.


3. Penggunaan Alat Kontrasepsi

Penggunaan alat kontrasepsi pada ibu menyusui dapat memengaruhi jumlah produksi ASI. Pastikan mom sudah berkonsultasi dengan dokter untuk penggunaan alat kontrasepsi yang aman untuk mom dan si kecil.


4. Kondisi Psikis

Kunci kelancaran ASI yang utama, yaitu ibu bahagia. Kalau ibu kurang teredukasi dan stres karena tidak bisa langsung menyusui atau menghasilkan ASI yang cukup, justru bisa mengganggu pengeluaran ASI." dalam diskusi umum Pekan ASI Sedunia, di Jakarta.


Dr. Cynthia Merliana Candra pun menjelaskan, ASI dipengaruhi oleh dua hormon, yaitu prolaktin dan oksitosin. Prolaktin merupakan hormon yang merangsang produksi ASI, sedangkan oksitosin yang memicu pengeluaran ASI dari payudara mom.


ASI yang sudah diproduksi membutuhkan hormon oksitosin untuk mengalirkannya. Oksitosin dipengaruhi oleh kondisi psikologis mom. Jika Mom merasa tenang, nyaman, dan bahagia, hormon akan berlimpah dan ASI pun akan mengalir lancar.


Happy mom, Happy baby..


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit


Source:https://www.sarihusada.co.id/Nutrisi-Untuk-Bangsa/Kehamilan-dan-Menyusui/Menyusui/Faktor-Yang-Mempengaruhi-Lancarnya-ASI


39 views0 comments