Hal Seputar Payudara Ibu Menyusui

Updated: Aug 26

Payudara ibu merupakan pabrik susu terbaik, dan susu tersebut adalah ASI yang merupakan makanan terbaik bagi bayi yang baru lahir. Berikut adalah hal yang mungkin terjadi pada payudara Moms


1. Bertambah berat

Anda tentu menyadari bahwa ketika Anda dinyatakan positif hamil, terjadi perubahan pada payudara. Payudara menjadi semakin besar dan kencang. Namun tahukah Anda bahwa payudara ibu menyusui bisa bertambah hingga 1 kilogram untuk membantu persiapan menyusui si kecil!


2. Kanan lebih banyak

Apakah Anda merasa bahwa payudara Anda tidak sama besar? Tenang saja, karena itu adalah hal yang relatif normal! Jika Anda merasa payudara kanan Anda lebih cepat terasa penuh hal tersebut karena memang menurut penelitian rata-rata wanita memproduksi lebih banyak ASI di payudara kanannya. Uniknya, hal ini tidak berpengaruh meskipun si ibu kidal yang mana tubuh bagian kirinya menjadi lebih aktif.


3. Menyembuhkan Luka dengan Sendirinya

Menyusui si kecil yang baru lahir memang terkadang membuat putting ibu menjadi lecet. Lidah bayi belum sempurna, sehingga menyebabkan luka tersebut. Akan tetapi, tidak perlu risau hingga membeli salep anti lecet untuk mengobatinya. Cukup oleskan ASI ke putting yang lecet dan lihatlah keajabaikan yang terjadi. ASI dapat menyembuhkan luka dengan sendirinya, sehingga yang perlu Anda lakukan adalah dengan terus menyusui si kecil.


4. Pelembab alami

Ketika payudara Anda siap untuk menyusui, pada bagian payudara akan bermunculan bintil-bintil yang disebutMontgomery’s tubercles.

Bintil ini memproduksi minyak yang menjaga kulit di sekitar payudara tetap lembab dan halus.


5. Membakar Kalori

Banyak yang telah menyebutkan bahwa menyusui adalah cara alami untuk menurunkan berat badan pasca persalinan. Sebanyak 600 kalori terbakar yang setara dengan senam aerobic selama 1 jam. Itulah fakta unik payudara ibu menyusui yang harus diketahui oleh semua wanita agar tidak ragu lagi untuk memberikan ASI eksklusif kepada buah hatinya kelak. Source : https://id.theasianparent.com/fakta-payudara-ibu-menyusui

14 views0 comments