Gimana Caranya Kurangi Rasa Mual Saat Hamil?





Mual dan muntah saat hamil muda memang jadi hal yang normal. Sebagian besar ibu hamil di trisemester awal kehamilan mereka pasti mengalami hal tersebut. Kondisi ini tidak jarang mengganggu aktivitas dan kegiatan sehari-hari, bahkan hingga lemas dan tidak bisa beraktivitas seharian.


Ada pun beberapa aktivitas yang bisa Moms lakukan agar bisa mengurangi mual dan muntah selama kehamilan di trisemester awal. Simak yuk!


  • Makan Sedikit Tapi Sering

Biasanya, rasa mual muntah yang Moms alami dipicu oleh perut yang kosong. Guna menghindarinya, Moms sebaiknya makan dalam jumlah yang sedikit tapi cukup sering. Hal tersebut bisa membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh Moms. Saat bepergian, pastikan juga membawa kudapan yang sehat seperti buah dan kacang-kacangan ya.


  • Makan Makanan Kaya Protein

Moms bisa memperbanyak makanan dengan protein serta vitamin B seperti kacang almond, dan kacang-kacangan lainnya. Hindari makanan berbumbu pedas asam dan berlemak ya.


  • Pilih Makanan Dingin

Makanan yang dingin akan terasa lebih nyaman di perut saat mual melanda. Hingga kondisinya mereda, cukup hindari makanan yang panas terlebih dahulu ya.


  • Minum di Sela Makan

Saat hamil, penting untuk moms membawa dan mengonsumsi air mineral sebanyak mungkin, termasuk di sela makan. Tujuannya agar Moms tetap terhidrasi dengan baik.


  • Hirup Lemon

Aroma dari sitrus segar bisa membantu Moms menghilangkan rasa mual. Moms juga bisa menambahkan perasan air lemon dalam minuman Moms.


  • Istirahat cukup dan pijat refleksi

Istirahat yang cukup mungkin terkesan umum. Namun, ibu hamil muda yang cenderung lelah memang membutuhkan istirahat yang lebih banyak. Lakukan juga pijat refleksi serta aroma terapi yang bisa membantu Moms meredakan rasa mual. Pilih juga terapis yang sudah terbiasa menangani ibu hamil ya.


4 views0 comments