Benarkah Virus Covid-19 dapat Ditularkan Melalui ASI?

Updated: Jul 31



Mom sedih tidak bisa memberikan ASI karena positif covid-19? Khawatir si kecil akan tertular virus melalui ASI? Apakah hal tersebut benar?


Penelitian yang dilakukan University of Rochester Medical Center (URMC) mengungkapkan bahwa virus Covid-19 tidak ditemukan dalam ASI ibu yang terkonfirmasi positif Covid-19. Hal tersebut juga diungkapkan Perhimpunan Obstetri dan Ginekologi Indonesia yang menegaskan ASI tidak mengandung virus Covid-19. Jadi dapat disimpulkan, mom tetap dapat menyusui si kecil dengan aman. ASI malah dipercaya dapat meningkatkan imunitas si kecil.


Mark Sangster, PhD, peneliti dan profesor di Department of Microbiology and Immunology URMC menemukan kadar IgA yang tinggi dalam ASI ibu positif Covid-19. IgA merupakan antibodi yang biasa ditemukan pada darah dan cairan tubuh lainnya. Dengan demikian mom dapat mentransfer antibodi ini melalui ASI.


Namun pemberian ASI tidak disarankan secara langsung atau direct breastfeeding ya, mom. Hal ini dilakukan untuk mencegah risiko si kecil tertular virus Covid-19 lewat droplet/cairan yang keluar dari mulut atau hidung mom.


ASI dapat diperah menggunakan Pompa ASI MUTTER yang kemudian diberikan kepada si kecil. Pompa ASI MUTTER tersedia dalam 2 bentuk, yaitu Digital Breastpump dan Manual Breastpump. Keduanya menawarkan berbagai fitur dan keunggulan yang dapat membuat aktivitas pumping menjadi nyaman dan menyenangkan.


Stay strong and keep pumping, mom!


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit


Source:https://food.detik.com/info-sehat/d-5633285/penelitian-ungkap-asi-ampuh-obati-covid-19-ini-fakta-khasiat-asi/1




27 views0 comments