Atasi Kolesterol Tinggi Paska Lebaran untuk Busui




Mungkin seringkali Moms tidak menyadari selama ini telah mengonsumsi makanan-makanan yang memiliki kadar kolesterol tinggi. Memang, makanan berlemak jahat ini terlihat sangat lezat dan menggiurkan sehingga kita seringkali mengabaikan kesehatan tubuh.


Makanan seperti gorengan, jeroan, kulit ayam, makanan cepat saji, martabak manis, telur, keju dan susu adalah beberapa makanan yang dapat menyebabkan kadar kolesterol semakin meningkat. Apalagi ditambah dengan makanan bersantan yang sangat lekat dengan menu lebaran. Untuk mengatasinya, mari mulai gaya hidup sehat dan lakukan beberapa cara di bawah ini:


Memperbanyak Konsumsi Sayur dan Buah


Sayur hijau, seperti bayam, brokoli, kangkung, kale, dan kubis dapat membantu menurunkan kadar kolesterol. Kandungan antioksidan yang ada dalam sayuran hijau, mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol. Sehingga dapat mencegah pengumpulan kolesterol di dalam darah. Moms juga bisa selingi dengan alpukat yang mengandung kandungan lemak baik dan serat, dua nutrisi yang dapat membantu turunkan lemak jahat dan meningkatkan lemak baik.


Lakukan Olahraga Ringan dan Rutin


Untuk Moms yang selalu lupa melakukan olahraga karena sibuk mengurus si Kecil, usahakan untuk melakukan olahraga ya, Ma. Sebab, olahraga juga menjadi salah satu cara untuk Mama yang memiliki kolesterol tinggi.


Konsumsi Oatmeal


Mengonsumsi oatmeal adalah salah satu cara alami untuk menurunkan kolesterol karena tinggi beta-glukan, yaitu serat larut atau serat lembut dan lengket yang menyerap air.


Nah, serat larut ini menurunkan kolesterol jahat dengan cara membentuk lapisan lengket di usus kecil, yang menghalangi kolesterol memasuki aliran darah.

0 views0 comments