ASI Kental atau Encer, Mana yang Lebih Baik?


Seringkali mom mengkhawatirkan ASI encer dan menganggap bahwa ASI yang kental seperti yogurt lebih sehat dan bernutrisi. Apakah hal tersebut benar?



Ternyata terjadi mispersepsi akan hal tersebut, mom. Faktanya ASI encer maupun kental sama-sama memiliki nutrisi yang dibutuhkan si kecil. ASI yang terlihat encer merupakan foremilk atau ASI yang keluar pada awal sesi menyusui. Sedangkan hindmilk yang lebih kental adalah ASI yang keluar pada saat sesi menyusui akan berakhir.


Tingkat kekentalan keduanya berbeda disebabkan oleh isi kandungan dari masing-masing ASI tersebut. Keenceran foremilk disebabkan oleh kandungan laktosa yang tinggi dan lemak yang rendah. Sebaliknya hindmilk yang memiliki kandungan lemak tinggi akan menjadi lebih kental.


Agar tumbuh kembang si kecil optimal, diperlukan keseimbangan antara asupan dua jenis ASI tersebut. Foremilk mampu menghilangkan rasa haus si kecil, memberikan energi, merangsang perkembangan otak, dan menekan pertumbuhan kuman penyebab penyakit. Sedangkan hindmilk yang lebih berlemak dapat membantu meningkatkan berat badan si kecil.


Selain memperhatikan kekentalan ASI, juga perlu diperhatikan frekuensi menyusui. Jangan menyusui dengan terburu-buru ya, mom. Disarankan si kecil menyusu sekitar 20 menit per satu payudara, kemudian berpindah ke payudara sisi lainnya. Hal ini dilakukan agar si kecil bisa mendapatkan laktosa serta lemak yang seimbang dan terhindar dari keluhan gangguan pencernaan.


Happy weekend, mom!


Salam, Mutter

#MutterGakBikinSakit


Source:https://www.klikdokter.com/info-sehat/read/3608442/mana-lebih-bernutrisi-asi-kental-atau-encer


29 views0 comments